SOLOPOS.COM - Vespa Elettrica (Bisnis)

Solopos.com, SOLO-Keluarga motor listrik model klasik di Indonesia bertambah. PT Piaggio Indonesia resmi meluncurkan Vespa Elettrica, motor listrik premium pertama dari Piaggio Group untuk Indonesia pada Rabu (23/8/2023).

Motor listrik bernama Vespa Elettrica ini mengusung teknologi dan fitur yang memiliki performa dan pengalaman yang andal di segala kondisi.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Peluncuran ini menjadi lebih spesial karena Indonesia menjadi negara pertama yang memiliki model kendaraan ini di kawasan Asia Pasifik. “Vespa Elettrica telah dirancang sebagai kendaraan inovatif yang mengajak pelanggan untuk tetap menjalani hidup dengan gaya namun tetap ramah lingkungan. Kami harap hadirnya Vespa Elettrica dapat menjadi solusi mobilitas terbarukan yang membantu menciptakan masa depan yang lebih baik,” ucap Ayu Hapsari selaku BTL, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia dalam siaran resminya.

Diluncurkan resmi pada Agustus 2023, kendaraan listrik roda dua premium ini hadir dalam balutan desain futuristis dan elegan khas Vespa dan dilengkapi sejumlah teknologi pintar dan mutakhir seperti Vehicle Management System (VMS), Kinetic Energy Recovery System (KERS), Smart Charging, Combine brake system serta konektivitas canggih dengan dasbor interaktif.

Untuk diketahui, Vespa Elettrica ini dijual dengan harga Rp198 juta. Selama masa promo, Piaggio Indonesia akan memberikan potongan harga sebesar Rp32,5 juta.

Motor ini juga baru dikenalkan di beberapa kota saja seperti i yang ada di Motoplex 4 brand yang tersebar di Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, dan Medan.

 

Spesifikasi Vespa Elettrica

Vespa Elettrica memiliki bodi berwarna abu-abu yang terbuat dari baja yang ditegaskan dengan aksen livery khusus dalam warna Azzurro Elettrico yang membentang sepanjang perimeter perisai motor.

Motor ini ditenagai oleh baterai lithium-ion voltase 48 Volt dengan kapasitas 86 Ah. Untuk mengisi daya, cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok, di mana biasanya terletak dtutup bahan bakar, dan menyambungkannya ke stop kontak.

Pengisian baterai motor ini juga bisa dilakukan dengan memasangkan kabel ke stasiun pengisi daya yang ada di ruang publik. Adapun waktu standar untuk pengisian penuh motor ini adalah 4 hingga 8 jam (dengan tegangan 220 V dan tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian).

Piaggio mengatakan bahwa baterai motor listrik ini bisa bertahan lama dalam kondisi yang sehat karena memenuhi sertifikasi IP65 (tahan debu dan air tekanan rendah). Pihaknya juga akan memberikan garansi baterai selama 3 tahun pemakaian, dengan syarat tertentu.

Kendaraann ini pun sudah dibekali Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya. Fitur ini memungkinkan mengisi ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara.

Sementara Power Unit di dalam Vespa Elettrica mampu memberikan daya sebesar 3,6 kW dan daya puncak 4 kW, dengan torsi sekitar 200 Nm. Vespa Elettrica memiliki dua pilihan berkendara sesuai dengan kebutuhan penggunanya, yakni mode Power dan ECO. Namun, terdapat juga mode Reverse untuk memudahkan pengendalian mundur saat bermanuver atau parkir. Daya jelajah Vespa Elettrica dapat menjangkau hingga 100 km dalam mode Eco, serta jarak maksimal 70 kilometer dalam Mode Power tergantung kondisi jalan dan bobot pengendara. Fitur lain yang ditawarkan oleh kendaraan ini yakni adanya sistem VESPA MIA yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone ke kendaraan melalui Bluetooth. Informasi disampaikan dalam panel instrumen digital yang menggunakan layar TFT berwarna ukuran 4,3 inci.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Piaggio Rilis Vespa Listrik Pertamanya di Indonesia, Berapa Harganya?”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya