SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo, menyatakan sampai saat ini belum ada perbaikan berkas administrasi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang diserahkan 12 partai politik peserta Pemilu 2014 di daerah ini.

“Kami belum menerima perbaikan berkas administrasi partai politik [parpol]. Pengurus parpol yang datang ke KPU hanya melakukan konsultasi dan menilaikan berkas yang sudah diperbaiki,” kata Ketua KPU Kulonprogo, Siti Ghoniyatun, Sabtu (18/5).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan, penyerahan perbaikan berkas bakal calon anggota legislatif [bacaleg] paling akhir 22 Mei hingga 16.00 WIB.

“Berdasarkan pengalaman Pemilu 2009, pengurus parpol akan menyerahkan dua hari sebelum batas akhir penyerahan atau sekitar Selasa dan Rabu, 21-22 Mei 2013. Sebab, perbaikan berkas hanya boleh dilakukan sekali, kalau sudah diserahkan dan terdapat kesalahan tidak boleh diperbaiki,” kata dia.

Ia mengatakan, seluruh parpol yang melakukan konsultasi menanyakan perihal perbaikan nomor urut partai, kelengkapan berkas, dan foto.

Ia mengatakan ada sebanyak 402 berkas bacaleg yang terdaftar di KPU, sebanyak 62 persen atau 247 berkas bacaleg dikembalikan karena tidak memenuhi persyaratan administrasi. Sementara 155 berkas dinyatakan lolos verifikasi.

Sementara, jumlah bacaleg dari 12 parpol sebanyak 402 orang. Dari jumlah itu, 245 adalah laki-laki dan 157 perempuan.

“Masalah dalam kelengkapan berkas bacaleg, di antaranya ijazah yang belum dilegalisir, atau ijazah yang diserahkan baru satu dari seharunya rangkap tiga, belum ada lampiran keterangan sehat jasmani rohani dan bebas narkoba,” kata dia.

Ia mengatakan dari 12 partai yang telah menilaikan perbaikan administrasi, berkas PKS paling mendekati sempurna, disusul PAN, PDIP dan Demokrat. Sedangkan partai lain seperti Gerindra, PKB, Hanura, NasDem, PBB, PKPI, PPP dan Golkar perlu bekerja keras untuk melengkapi berkas.

“Pengurus parpol terus melakukan komunikasi dengan KPU. Kami melayani mereka pada jam kerja KPU,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya