SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA-Sebanyak 10 menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg). Sayangnya, para bakal calon anggota legislatif (bacaleg) para menteri ini tak semuanya memenuhi persyaratan.

KPU menyebut 4 diantaranya tak lolos verifikasi, yaitu Menkum HAM, Menkominfo, Mentan dan Menhub. Berdasarkan hasil verifikasi persyaratan bacaleg dari KPU, Rabu (8/5), empat menteri yang gagal dalam verifikasi itu adalah Menkum HAM Amir Syamsuddin, Menkominfo Tifatul Sembiring, Menteri Pertanian Suswono dan Menteri Perhubungan EE Mangindaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Amir Syamsuddin yang maju sebagai caleg PD dari Dapil Sulawesi Tenggara, tak lolos verifikasi karena tidak melampirkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani.
Kemudian Tifatul Sembiring dari Dapil Sumatera Utara I tak lolos verifikasi karena pada Formulir BB, BB1, BB3, BB10, BB11 tidak ada cap basah, dan tidak melampirkan formulir BB8 dan BB9 serta tidak melampirkan soft copy foto.

Menhub EE Mangindaan yang maju sebagai caleg PD dari Dapil Sulawesi Utara, tak lolos verifikasi karena tidak menuliskan nomor urut dalam formulir Model BB-10 dan BB-11, tidak melampirkan surat keterangan terdaftar sebagai Pemilih dari PPS/PPK/KPUD (hanya surat domisili) dan fotocopy ijazah SMU tidak dilegalisasi oleh pejabat berwenang.

Keempat, Menteri Pertanian Suswono yang maju sebagai caleg PKS tak lolos verifikasi karena tidak ada cap basah pada formulir BB, BB1, BB3, BB10, BB11, tidak melampirkan formulir BB8 dan BB9 tidak ada soft copy foto, berkas kurang rangkap satu, serta tidak memiliki surat keterangan sehat rohani

Selain empat menteri itu, sisanya dinyatakan lolos verifikasi. Yaitu Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Sjarifuddin Hasan yang maju sebagai caleg PD dari Dapil Jawa Barat III, Menteri ESDM Jero Wacik yang maju sebagai caleg PD dari Dapil Bali, Menpora Roy Suryo yang juga maju sebagai caleg PD dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kemudian Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan yang maju sebagai caleg PAN dari Dapil Lampung I, Menakertrans Muhaimin Iskandar yang maju sebagai caleg PKB dari Jawa Timur VIII serta Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini yang maju sebagai caleg PKB dari Dapil Nusa Tenggara Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya