SOLOPOS.COM - Logo ASEAN Para Games 2022 (APG) 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 di Kota Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Venue para tenis meja untuk gelaran ASEAN Para Games 2022 (APG) kembali berubah lokasi. Semula lokasi tenis meja direncanakan digelar di De Tjolomadoe, namun terjadi perubahan karena lokasi itu digunakan sebagai lokasi konser musik dan dipindah ke Tirtonadi Sport Hall Solo. Akan tetapi rencana kedua itu diurungkan karena dinilai kurang memadahi jika dipakai lokasi para tenis meja sehingga venue pindah lokasi lagi.

“Venue para tenis meja di Tirtonadi Sport Hall dipindah. Ruang pendukungnya kurang banyak,” kata Sekjen National Paralympic Committee (NPC), Rima Ferdianto, saat ditemui disela-sela sosialisasi APG 2022 di Car Free Day (CFD) Solo, Minggu (3/7/2022).

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Rima yang juga menjabat sebagai Sekjen Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) itu mengatakan ada usulan lokasi baru untuk mengganti venue para tennis meja yakni di SMK Warga Solo dan Diamond Convention Hall Solo.

Penyelenggara direncanakan segera mensurvei lokasi itu sehingga l ada kepastian mengingat ajang APG hanya beberapa pekan lagi. “Dua lokasi itu merupakan saran dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Hari ini kami akan ke lokasi,” kata dia.

Dari dua lokasi itu, Diamond Convention Hall sudah layak dan memenuhi syarat karena saat ASEAN Para Games tahun 2011 venue tennis meja juga di lokasi yang sama.

“Hari ini kami ke sana, kalau tidak bisa maka kita cari alternatif lain. Selain di SMK Warga, ada GOR Pandawa, Gedung Serba Guna Warastratama,” imbuh dia.

Baca Juga: Berbarengan Konser Musik, Venue Tenis Meja ASEAN Para Games Pindah

Menurutnya, delegasi urusan teknis khusus tenis meja Rachel Ramos, sudah tiba di Indonesia dan akan ikut survei lokasi baru.

Apabila Rachel Ramos mengonfirmasi maka ASEAN Para Sport Federation (APSF) juga akan menyetujui. Rima memperinci hanya satu cabor tenis meja saja yang belum ada kepatian. Namun 13 cabor lain sudah pasti digelar di lokasi itu.

Persiapan-persiapan lain terus diselesaikan mengingat pelaksana semakin dekat. “Venue tanggal 15 Juli 2022 sudah harus selesai semua. Kalau bisa sebelum itu, sehingga atlet-atlet Indonesia bisa melakukan uji lapangan dulu,” tandas dia.

Baca Juga: Fantastis, Total Bonus & Hadiah yang Didapat Apriyani Rahayu/Siti Fadia

Lokasi-lokasi yang akan digunakan sebagai lokasi gelaran APG selain tenis meja yakni Lorin Hotel lokasi para chess, Edutorium UMS sebagau lokasi para badminton, lalu Stadion Manahan sebagau lokasi athletic, Lapangan Tennis Manahan sebagai lokasi wheelchair tennis, GOR FKOR UNS lokasi boccia, Lapangan Kota Barat lokasi archery, Hotel Solo Paragon lokasi para powerlifting, Tirtonadi Convention Hall sebagai lokasi blind judo, GOR UTP sebagai lokasi sitting volley ball, GOR UNS lokasi goal ball, Stadion UNS lokasi football, GOR Sritex Arena lokasi wheelchair basketbal, dan GOR Jatidiri Semarang lokasi paraswimming.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya