SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi. (Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Covid-19 varian Omicron telah terdeteksi masuk wilayah Jawa Tengah (Jateng). Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi, pun meminta masyarakat untuk tidak panik dengan informasi tersebut. Meski demikian, ia mengimbau warga Jateng untuk mewaspadai persebaran varian Omicron dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes).

Kapolda Jateng melalui Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy, membenarkan terdeteksinya varian Omicron di Jateng. Hal itu diketahui dari hasil whole genome sequencing (WGS) dari sembilan pasien yang terjangkit Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dari hasil WGS itu ditemukan sembilan orang yang positif Omicron,” kata Iqbal, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Waspada! Omicron Sudah Masuk Jateng, 9 Orang Terpapar

Iqbal mengaku saat ini penyelidikan epidemiologi tengah dilakukan terkait merebaknya varian Omicron itu. Sementara itu sembilan sampel WGS yang dinyatakan terdeteksi Omicron itu berasal dari Kota Semarang, Cilacap, Pekalongan, dan Sukoharjo.

“Masyarakat kita imbau masyarakat untuk taat prokes. Kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan harus dibatasi,” imbaunya.

Kabidhumas menerangkan varian Omicron sangat menular, bahkan 10 kali lebih cepat dibanding Covid-19 varian Delta.”Kesadaran masyarakat untuk taat prokes adalah yang utama. Tetap gunakan masker, membatasi mobilitasnya dan selalu cuci tangan,” ungkapnya.

Ditambahkan, saat ini Polda Jateng dan stakeholder terkait tengah melakukan percepatan vaksinasi booster di masyarakat. Diharapkan, masyarakat yang belum divaksin tahap satu, tahap dua dan booster untuk aktif melaporkan diri ke pos kesehatan terdekat dan segera vaksin.

Baca juga: Jangan Coba-Coba Sengaja Membiarkan Diri Terinfeksi Omicron

Polda Jateng, kata Kabidhumas, disamping melaksanakan upaya preventif dan menggelar vaksinasi, juga telah menyiapkan strategi apabila kembali terjadi ledakan Covid-19 seperti tahun lalu. “Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan termasuk meningkatnya jumlah warga yang terjangkit covid, Polda Jateng sudah siap dengan langkah kontijensi,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya