SOLOPOS.COM - Ilustrasi pandemi Corona. (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Thailand menemukan kasus Covid-19 varian baru di tempat karantina, Senin (15/2/2021). Virus varian anyar itu diduga berasal dari Afrika Selatan.

Dilansir dari Channel News Asia, Satgas Covid-19 Thailand melaporkan adanya tambahan kasus Covid-19 baru sebanyak 143 kasus. Mereka juga menemukan kasus yang dideteksi merupakan varian baru di tempat karantina.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Satgas Covid-19 Thailand juga melaporkan dua orang meninggal akibat Covid-19 sehingga menambah total kematian mencapai 82 dari total kasus sebanyak 24.714.

Baca Juga: 9 Bulan Diadopsi, Anak Balita Disiksa Hingga Tewas

“Varian Afrika Selatan ditemukan pada laki-laki yang baru saja melancong dari Tanzania dan tengah melakukan karantina wajib setelah kedatangan,” kata satgas, Senin (15/2/2021).

Sementara itu, Afrika Selatan menghentikan program vaksin dari AstraZeneca pada pekan lalu setelah penelitian yang menunjukkan bahwa vaksinnya tidak bekerja dengan efektif untuk kasus ringan ke sedang.

Tidak ada bukti bahwa varian ini menyebabkan semakin parahnya infeksi, tetapi diakui bahwa varian ini menyebar lebih cepat. Kendati demikian, WHO tetap mengimbau vaksin AstraZeneca tetap dipakai di negara-negara, termasuk negara yang telah terinfeksi varian Afrika Selatan.

Baca Juga: 7 Tanaman Ini Kata Fengsui Bawa Hoki & Kekayaan

Sementara itu, Bangkok Post melaporkan pria dengan infeksi varian baru tersebut berumur 41 tahun yang baru kembali dari perjalanan bisnis dari Tanzania pada 29 Januari. Dia terbukti positif saat menjalani karantina dan saat ini tengah dirawat di rumah sakit.

"Mutasi, seperti varian G dari Inggris, mungkin akan membuat virus menyebar cepat tetapi tingkat keparahannya lebih rendah," kata Dirjen Pengawasan Penyakit Opas Karnkawinpong.

Dalam konteks wabah Covid-19 yang lebih luas, Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand sekarang fokus pada provinsi Pathum Thani, selain di Samut Sakhon, setelah sekelompok kasus baru terdeteksi di pasar baru Pornpat di distrik Thanyaburi pada pekan lalu.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya