SOLOPOS.COM - Vape (www.vapejp.net)

Rokok elektrik ternyata sama bahayanya dengan rokok konfensional.

Solopos.com, SOLO – Rokok elektronik atau vape semakin diminati. Menurut ahli, vape ternyaat sama bahayanya dengan mengisap rokok tembakau yang dibakar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Vape itu cairan yang dipanaskan menggunakan baterai lalu menghasilkan uap. Kalau rokok itu asap. Rokok dan vape itu sama-sama berbahaya, meski vape kandungannya lebih sedikit,” kata Ketua Divisi Penyakit Paru Kerja dan Lingkungan RSUP Persahabatan dr Agus Dwi Susanto Sp.P(K) di Jakarta.

Dia menjelaskan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan tidak ada rokok atau pengganti rokok yang tidak berbahaya dan lebih aman dikonsumsi.

Zat-zat yang terkandung pada cairan pada rokok elektrik kemudian menghasilkan uap yang terhisap ke dalam tubuh tetap berbahaya, terlebih jika terakumulasi.

“Semakin besar (kandungannya), semakin sering, secara kontinyu, semakin besar risikonya,” jelas dia.

Agus menjabarkan pada cairan vape terdapat kandungan karsinogen yang berbahaya yang memiliki sifat menginduksi kanker.

Zat yang bersifat karsinogen dalam cairan vape, kata dia, ialah gliserol dan nikotin trisamine. Selain itu proses pemanasan cairan dilakukan dengan melepaskan zat kimia formaldehida yang merupakan zat karsinogen.

Agus menambahkan meski belum ada data-data yang menunjukkan penyakit perokok elektrik seperti perokok konvensional, namun gejala-gejala yang ditimbulkan sudah mulai bermunculan seperti asma dan gangguan paru-paru.

Sama dengan rokok konvensional, uap dari rokok elektrik juga sama berbahayanya apabila terpapar pada orang di sekitar yang bisa mengakibatkan penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya