SOLOPOS.COM - Ilustrasi rokok elektrik atau vape. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Vape dan rokok sering dianggap sama karena bisa memuaskan hasrat mengisap nikotin, tapi sebenarnya murah mana ya? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Rokok elektrik atau biasa disebut dengan vape merupakan terobosan baru dalam dunia rokok. Pasalnya, rokok elektrik ini menggunakan sistem elektrik dan memanfaatkan uap dari cairan atau liquid yang dipakai.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun untuk perhitungan anggaran yang harus dikeluarkan, lebih murah mana antara vape dan rokok?  Dikutip dari vapemagz.com pada Senin (3/7/2023), di awal pemakaian pemakai rokok elektrik dengan harus merogoh kocek dalam-dalam yaitu ketika membeli device berjenis MOD, vapers harus membeli printilannya seperti baterai,RDA/RDTA,Coil, kapas, hingga liquid-nya.

Lain halnya untuk POD, POD merupakan sebuah jenis vape yang praktis dan lebih murah dibandingkan dengan MOD. Pasalnya, anda tidak memerlukan banyak peralatan untuk menggunakan POD. Cukup dengan mengganti Cartridge atau Coil secara rutin saja setiap 2 Minggu sekali atau jika rasa yang dikeluarkan sudah berbeda.

Nah, sekarang kita akan membahas biaya konsumsi dari masing-masing model rokok. Sebenarnya, perhitungan biaya konsumsi ini akan tergantung dari seberapa sering Anda merokok setiap harinya dan merek liquid dan coil yang anda gunakan untuk produk rokok elektrik.

Untuk perhitungan biaya rokok konvensional, kita ambil perumpamaan harga rokok Rp25.000 dengan isi 16 batang. Jika Anda termasuk perokok yang sangat aktif dengan intensitas 1 bungkus per harinya. Maka jika di total dalam sebulan anda akan menghabiskan Rp 750.000 untuk membeli rokok.

Selain itu, pada produk rokok elektrik, di awal pembelian Anda akan mengeluarkan uang sekitar Rp800.000 (harga paling murah) untuk membeli device MOD beserta printilannya yakni RDA/RDTA, coil, kapas, bateri, hingga liquid. Sementara untuk pembelian POD menghabiskan dana sekitar Rp250.000 – Rp400.000 (Harga standar berbagai merek di pasaran).

Setelah itu untuk pemakaian lanjutan, anda akan membutuhkan liquid yang harganya akan sangat bervariasi tergantung dari selera Anda dengan harga Rp100.000 hingga Rp180.000 (pemakaian satu bulan), pembelian kapas untuk pemakaian dua bulan Rp50.000 dan penggantian Coil selama dua minggu sekali dengan rentang harga Rp50.000–Rp60.000 untuk dua item.

Selain itu, jika Anda menggunakan POD, biaya yang dibutuhkan hanya untuk penggantian coil atau cartridge dengan kisaran harga Rp30.000–Rp50.000 untuk dua minggu pemakaian dan pembelian

Jadi untuk mengetahui rokok dan vape lebih murah mana, ketahui terlebih dahulu pengeluaran vape untuk POD dan MOD per bulan.

– Penggunaan Vape jenis MOD perbulan menghabiskan dana sekitar Rp300.000 hingga Rp350.000 untuk pemakaian bulanan.  (Terdiri atas dua kali penggantian coil dua pasang, kapas dan penggantian liquid satu jenis).

– Sementara untuk penggunaan Vape jenis POD menghabiskan dana sekitar Rp180.000–Rp250.000 (terdiri atas dua kali penggantian cartridge dan satu kali penggantian liquid sejenis).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya