Tutup Iklan

VANDALISME SOLO : Sanksi Pidana Tak Bikin Jera

 Coretan aksi vandalisme banyak terlihat di kawasan pertokoan, Jl. Slamet Riyadi, Solo, Senin (9/5/2016). Pertokoan di ruas jalan tersebut merupakan salah satu kawasan yang banyak terdampak aksi vandalisme. Pemkot Solo akan memberikan sanksi tegas pidana bagi pelaku vandalisme yang tertangkap sesuai Perda No.29 Tahun 1981 tentang Kebersihan dan Keindahan Kota. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Coretan aksi vandalisme banyak terlihat di kawasan pertokoan, Jl. Slamet Riyadi, Solo, Senin (9/5/2016). Pertokoan di ruas jalan tersebut merupakan salah satu kawasan yang banyak terdampak aksi vandalisme. Pemkot Solo akan memberikan sanksi tegas pidana bagi pelaku vandalisme yang tertangkap sesuai Perda No.29 Tahun 1981 tentang Kebersihan dan Keindahan Kota. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Vandalisme Solo, ancaman pidana tak membuat pelaku vandalisme jera.

Solopos.com, SOLO–Sejumlah kalangan mencermati wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menerapkan sanksi pidana kurungan maksimal enam bulan penjara bagi pelaku vandalisme di tempat umum atau 15 tahun penjara bagi pelaku vandalisme di bangunan cagar budaya (BCB) tidak menimbulkan efek jera.

Akademisi dari Seni Rupa Murni ISI Solo, Deni Rahman, menyebutkan perilaku corat-coret di dinding atau ruang strategis perkotaan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan urban. Setiap generasi selalu bermunculan tunas baru ketika pelaku lamanya sudah bosan melakoni aksi tersebut.

“Ada tiga fase dalam aksi ini. Tahap pertama biasanya coba-coba. Lalu ada juga yang sekadar untuk eksistensi dengan cara membubuhkan tagging [menandai tembok dengan inisial kelompok atau nama], dan yang paling lanjut sudah menjadi ideologi. Di sebagian besar kota, pelaku bikin hanya untuk eksistensi,” terangnya saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (9/5/2016).

Deni mengatakan tidak semua karya corat-coret tembok masuk kategori vandalisme. Sebagian olah kreativitas yang punya tujuan berekspresi dan memiliki nilai estetika misalnya disalurkan lewat graffiti, mural, atau menempel poster wheatpaste bisa disebut sebagai karya seni.

“Tidak semua ekspresi eksistensi ini lantas tidak bisa disebut karya juga. Bisa saja jika dilakukan dengan konsisten selama minimal dua tahun, tagging bisa jadi karya. Yang membedakan hanya konsistensinya,” jelasnya.

Seniman graffiti Akari Kokoh Ardanu juga meyakini sanksi pidana berupa ancaman kurungan, denda, sampai hukuman membersihkan tembok yang dikotori tidak bakal membuat pelakunya jera.

“Kalau konteksnya corat-coret tagging, langkah hukuman akan sia-sia. Pada dasarnya mereka melakukan aksi atas nama adrenalin. Semakin ada aturan atau sanksi, mereka semakin tertantang untuk bisa melewati batas itu,” tuturnya

Menurut Koko, momentum maraknya aksi tagging di berbagai sudut Kota Bengawan bisa direspons pemerintah dengan menggerakkan kompetisi atau festival seni jalanan.


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 2,5 Km

Awan panas mengarah ke Besuk Kobokan

Tugas Melanjutkan Transformasi Bagi Dirut Baru PLN Darmawan Prasodjo

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN 2021 menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, menggantikan Zulkifli Zaini.

LDA Keraton Solo Gelar Kirab Budaya 90 Tahun Pakasa, Ini Foto-Fotonya

Pakasa dibentuk oleh Paku Buwono (PB) X pada tahun 1931

Ini Pengakuan Siskaeee Pernah Ditawari Main Film Hot dan Open BO

Siskaeee mengaku memiliki banyak fans lelaki, kerap membagikan video seksi, dan pernah mendapat tawaran main film panas, tetapi dia menolak tawaran kencan maupun booking online (BO).

Semeru Erupsi, Operasional Kereta Api di Jawa Timur Berjalan Normal

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan operasional Kereta Api di wilayah Jawa Timur saat ini masih berjalan normal kendati terjadi erupsi Gunung Semeru.

Ikatan Cinta 6 Desember 2021: Penculik Andin Minta Uang Tebusan

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 6 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Apa sih arti dan fungsi marka jalan Yellow Box Junction yang kerap ditemukan di simpang perempatan di Kota Solo, Jawa Tengah?

Perbandingan UMK Tahun 2021/2022 di 35 Kabupaten/Kota Jawa Tengah

Rata-rata UMK tahun 2022 di 35 kabupaten/kota di Jateng mengalami kenaikan antara Rp1.403, 11 hingga Rp27.066,05 apabila dibandingkan dengan tahun 2021.

Bupati Karanganyar: Anak Down Syndrome Pasti Punya Kelebihan Luar Biasa

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan para orang tua yang memiliki anak down syndrom harus menerima dengan senang dan ikhlas. Sebab, buah hati itu adalah titipan dari Tuhan dan pasti memiliki kelebihan yang luar biasa.

Emas Masih Cuan untuk Investasi Pada 2022, Simak Prediksinya

Bagi yang merencanakan investasi pada tahun depan, emas bisa jadi pilihan. Emas disebut masih memiliki potensi yang positif untuk investor pada 2022 mendatang.

Musim Tanam Padi di Madiun, Pembelian Pupuk Bersubsidi Malah Dibatasi

Petani di Kabupaten Madiun mengeluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi dan pembatasan pembelian per petak sawah per petani karena dinilai tidak sesuai kebutuhan.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Layanan Prodia Mobile Paling Diminati

Laboratorium Klinik Prodia Semarang terus mengoptimalkan pelayanan secara digital, dalam beberapa waktu terakhir

Hari Ibu Tanggal 22 Desember, Begini Sejarahnya di Indonesia

Bagaimana cerita sejarah awal mula Hari Ibu Nasional diperingati tanggal 22 Desember setiap tahunnya, ada yang tahu?

Korban Meninggal Erupsi Semeru Bertambah, BNPB Terus Perbarui Data

BNPB akan terus melakukan pemutakhiran data korban meninggal dalam bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kali terakhir tercatat 14 orang meninggal.

Profil dan Sepak Terjang Siskaeee, Pernah Buat Konten Mesum Bareng Ojol

Berikut ini terdapat profil dan sepak terjang Siskaeee, perempuan viral yang memamerkan payudara dan kemaluannya di Bandara YIA.