SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal, memutuskan akan mundur setelah Piala Dunia 2014. Van Gaal lebih tertarik menangani klub Liga Premier Inggris. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal, memutuskan akan mundur setelah Piala Dunia 2014. Van Gaal lebih tertarik menangani klub Liga Premier Inggris. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

AMSTERDAM – Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal, mengaku akan mundur dari jabatan pelatih timnas seusai gelaran Piala Dunia 2014 mendatang. Selepas pensiun dari tim Orange, Van Gaal berharap mendapatkan kesempatan bekerja di salah satu klub Liga Premier Inggris.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya mengambil tugas sebagai pelatih nasional dengan ambisi membawa tim ke Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa. Hal itu belum pernah saya lakukan sebelumnya dan saya akan melakukan segalanya untuk meyakinkan bahwa hal itu bisa saya raih. Setelah itu, saya akan pergi,” ujar Van Gaal pada sesi jumpa pers di Hoenderloo, di mana Timnas Belanda sedang melakukan persiapan untuk tour ke Asia, pekan depan.

Van Gaal mengisyaratkan untuk mengakhiri karier pelatihannya yang panjang setelah Piala Dunia di Brazil. “Kecuali ada sebuah klub menarik dari Liga Premier datang padaku.”

Van Gaal mengatakan bahwa dirinya lebih senang bekerja bersama dengan pemain di lapangan setiap hari ketimbang mendapat kesempatan melatih tim nasional.

“Sekarang, sata terus menerus harus meminjam pemain dari pelatih lain. Itu membuat saya tak bisa menikmatinya,” tutur Van Gaal.

Belanda, akan melakoni laga persahabatan dengan Indonesia dan China, pekan depan. Saat ini De Oranje, julukan Belanda, memiliki peluang besar lolos ke putaran final Piala Dunia 2014. Robin van Persie dkk telah memenangi seluruh enam laga yang dilakoni di Grup D dan bertenger di puncak klasemen.

Van Gaal pernah mengalami kegagalan saat menukangi Timnas Belanda kali pertama. Saat itu, pelatih berusia 61 tahun ini gagal membawa Belanda lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia 2002.

Namun, kariernya di klub justru lebih cemerlang. Van Gaal pernah membawa Ajax Amsterdam menjuarai Liga Champions pada 1995 lalu serta trofi Liga Belanda. Selain mengantarkan Ajax menjuarai kompetisi domestik, Van Gaal juga pernah mengantarkan Barcelona, Bayern Munich dan AZ Alkmaar tampil sebagai kampiun.

Sumber : Reuters

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya