Tutup Iklan
Marcelino Garcia Toral (Reuters-John Sibley)

Solopos.com, VALENCIA — Albert Celades benar-benar mendapat tugas ekstra berat setelah ditunjuk menjadi pelatih anyar Valencia. Eks Pelatih Timnas Spanyol U-21 itu hanya punya waktu tiga hari untuk menaikkan moral tim jelang laga penting melawan Barcelona di Camp Nou, Minggu (15/9/2019) dini hari WIB. Setelah itu, klub berjuluk Los Che itu harus menghadapi lawan yang tak kalah berat yakni Chelsea di Liga Champions.

Kondisi ruang ganti Los Che memang dikabarkan kurang kondusif seusai pemecatan Marcelino Garcia Toral. Pelatih yang sukses mempersembahkan Copa del Rey bagi Valencia musim lalu itu didepak ketika Liga Primera baru berjalan tiga pekan.

Konfrontasinya dengan pemilik klub, Peter Lim, ihwal kebijakan transfer membuat Marcelino harus angkat kaki setelah membesut Valencia sejak musim 2017/2018. Direktur Umum, Mateu Alemany, yang menjadi tangan kanan Marcelino dalam transfer tim disebut segera menyusul meninggalkan Mestalla.

Sejumlah pemain disebut syok dengan keputusan yang diambil manajemen tim. Bek Valencia, Ezequiel Garay, menilai Marcelino adalah sosok yang jujur, transparan dan telah membuktikan kapasitasnya pada semua orang. “Sekarang Anda melangkah keluar pintu,” ujar Garay dalam akun twitter-nya, @ezequielgaray23.

“Siapapun yang mengambil keputusan ini, dia tidak hanya meremehkan Anda. Mereka telah membenamkan seluruh tim dan para pendukung, saya bisa katakana dengan jelas: tidak adil,” lanjut bek asal Argentina itu.

Para pemain pilar Valencia seperti kapten Dani Parejo, Jose Gaya, Rodrigo Moreno dan Carlos Soler juga memuntahkan perasaannya di media sosial. “Terima kasih telah menjadikan klub ini besar dan membuat saya menjadi pesepakbola yang lebih baik,” ujar Parejo yang belakangan terlahir kembali sebagai gelandang andal di Liga Primera.

Soler juga menyebut peran besar Marcelino dalam perkembangan permainannya. “[Terima kasih] untuk kesempatan bermain di Liga Champions dan memberiku titel profesional pertama [Copa del Rey],” ujar pemain 22 tahun itu.

Gaya otoriter Lim memang membuat stabilitas tim kerap terganggu. Dia sempat berencana mendepak Marcelino dan Alemany beberapa saat sebelum musim bergulir. Namun upaya itu batal setelah Presiden klub, Anil Murthy, dan sejumlah pemain senior seperti Parejo turun tangan sebagai mediator.

Perseteruan kembali saat Valencia berencana menjual striker andalnya, Rodrigo, ke Atletico Madrid. Saat itu sang pelatih meminta tim mendatangkan pemain Barcelona, Rafinha, sebagai pengganti. Kedua transfer itu akhirnya urung terjadi.

Celades yang dikontrak hingga 2021 bakal mendapat tantangan berat di laga debutnya ketika melawat ke markas Barca di Camp Nou. Mantan asisten Julen Lopetegui ketika menangani Timnas Spanyol dan Real Madrid ini mengakui ada kekhawatiran dalam dirinya mengingat pendahulunya, Marcelino, memiliki catatan bagus bersama Kelelawar Mestalla. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten