Vaksinasi Tuntas Desa di Karanganyar, 1.000 Warga Jadi Sasaran Di Tuban

Desa Tuban, Gondangrejo menjadi salah satu desa yang mengawali vaksinasi tuntas desa kerjasama Pemkab Karanganyar dan TNI AD.

 Warga Desa Tuban menerima vaksin melalui program Vaksin Tuntas Desa di Balai Desa Tuban, Gondangrejo, Karanganyar Sabtu (25/9/2021). (Solopos.com/Candra Putra Mantovani)

SOLOPOS.COM - Warga Desa Tuban menerima vaksin melalui program Vaksin Tuntas Desa di Balai Desa Tuban, Gondangrejo, Karanganyar Sabtu (25/9/2021). (Solopos.com/Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Desa Tuban, Gondangrejo menjadi salah satu desa yang mengawali vaksinasi tuntas desa di Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar bersama TNI AD di Balai Desa Tuban Sabtu (25/9/2021). Sebanyak 1.000 dosis vaksin didistribusikan pada pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat setempat.

Danramil 17/ Gondangrejo, Kapten Sutatna, mengatakan Desa Tuban dipilih menjadi yang pertama untuk vaksinasi tuntas desa. Lantaran Pemdes Tuban paling pertama siap melaksanakan.

Sebanyak 1.000 dosis vaksin jenis Sinovac didistribusikan untuk masyarakat usia 12 tahun ke atas. Terkait program tersebut, dia menilai animo masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan vaksin.

Baca juga: Belum Ada Desa Ramah Anak di Karanganyar, Jatipuro Bakal Jadi yang Pertama

“Persiapannya hanya satu hari menjelang pelaksanaan. Selain karena sudah siap secara persyaratan, kami melihat di Desa Tuban ini banyak aktivitas. Juga salah satu desa perlintasan antar kabupaten. Jadi sangat penting untuk menyelesaikan vaksinasi di desa ini,” ungkap dia ketika ditemui Solopos.com, di lokasi.

Sutatna berharap melalui vaksinasi, dapat membantu percepatan capaian vaksinasi di Karanganyar. Selain itu, dia juga berharap aktivitas masyarakat bisa segera normal kembali dengan program vaksinasi tuntas desa.

“Semoga segera normal. Kalau masyarakat sudah divaksin, setidaknya memberikan ketenangan saat beraktivitas. Tapi tetap harus prokes setelah divaksin,” imbuh dia.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, Dropping Air Bersih di Klaten Kok Jalan Terus?

Vaksinasi Libatkan Warga Desa Tuban

Sementara itu, Kades Tuban, Aris Santoso, mengatakan vaksinasi melibatkan semua masyarakat Desa Tuban dengan usia 12 tahun ke atas. Untuk mengatasi kerumunan, vaksinasi dilakukan di Balai Desa yang terbuka dengan pengamanan dari perangkat desa, dan personel TNI.

“Jadi untuk mengantisipasi kerumunan kami sudah mempersiapkan jalur dan dijaga ketat. Jadi masyarakat yang masuk dibatasi di dalam. Saya harap dengan adanya vaksinasi ini bisa segera mempercepat capaian kekebalan bersama. Infonya juga akan dilakukan lagi bertahap [vaksinasi],” tutur dia.

Salah satu warga Desa Tuban, Yuni, mengaku senang bisa menerima vaksin saat itu. Pasalnya, sebagai wirausahawan, vaksin dinilai sangat penting baginya.

“Saya kan jualan kuliner kalau sudah divaksin lebih tenang. Baru bisa dapat hari ini [Sabtu] karena sebelumnya kalau ada pendaftaran saya selalu kehabisan kuota. Jadi senang sudah bisa divaksin hari ini,” ucap dia.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Terekam Kamera CCTV, 4 Pria Bobol Kotak Infak Masjid di Daleman Klaten

Aksi pembobolan kotak infak tersebut terekam kamera CCTV yang terpasang di sejumlah lokasi masjid setempat.

Absen Ujian, 4 Pelamar PPPK Nakes Karanganyar Dipastikan Gagal

Empat peserta seleksi PPPK nakes Pemkab Karanganyar tak ikuti ujian tanpa keterangan sehingga dipastikan gugur.

Bruk...Puluhan Pohon di Sukoharjo Tumbang Diterjang Angin Kencang

Saking derasnya, hujan disertai angin kencang mengakibatkan puluhan pohon besar tumbang dan melintang di jalan perdesaan di Sukoharjo.

Resepsi Pernikahan di Solo Sudah Boleh Tampilkan Penyanyi Lur

Acara resepsi tidak boleh digelar di rumah tinggal, pendapa/joglo kelurahan/kecamatan, aula sekolah, gelanggang olahraga dan gedung sejenis lainnya.

Daarul Qur'an Bangun Asrama, Bupati Juliyatmono Letakkan Batu Pertama

Ponpes Daarul Qur'an di Colomadu, Karanganyar, membangun masjid dan asrama santri. Bupati Juliyatmono berjanji akan mendukung Ponpes Daarul Quran

Awas! Ada 11 Lokasi Rawan Lakalantas di Jl. Solo-Jogja Klaten

Kawasan Besole, Kecamatan Ceper, menjadi salah satu lokasi Jalan Solo-Jogja yang rawan kecelakaan lalu lintas.

Karanganyar Hari Ini: 22 Oktober 2011, 46 Imigran Terdampar di Berjo

Sepuluh tahun lalu, tepatnya pada 22 Oktober 2011, sebanyak 46 orang imigran asal Afghanistan dan Iran terdampar di rumah salah seorang warga di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Gapoktan Sebut Keterlibatan DPRD dalam Maraknya Penggunaan Sumur Sibel

Sebagian besar pembuatan sumur submersibel di Jaten, Karanganyar, dibiayai APBD melalui aspirasi DPRD Karanganyar.

Ini Jalan Kabupaten Klaten yang akan Membelah Rest Area Tol Solo-Jogja

Keberadaan rest area jalan tol Solo-Jogja di Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, akan terbelah dengan jalan kabupaten.

Penggunaan Sumur Sibel Tak Terkendali, Dispertan PP: Tak Ada Larangan

Dispertan PP Karanganyar menyebut tidak ada regulasi yang mengatur pengunaan sumur submersibel atau sibel di kalangan petani.

Penggunaan Sumur Sibel oleh Petani Jaten Tak Terkendali, Ini Bahayanya

Jumlah petani di Jaten, Karanganyar, yang menggunakan air sumur submersibel (sibel) dinilai terlalu banyak sehingga mengancam ketersediaan air tanah.

Operasi Pangan Murah dan Gratis Digelar di Masjid Al Falah Sragen

Operasi Pangan Murah dan Gratis ini digelar di Masjid Raya Al Falah Sragen untuk meringankan beban masyarakat setelah dihantam pandemi Covid-19 selama lebih dari satu tahun.

Duh, Masih Ada Ponpes di Sragen yang Emoh Ikut Vaksinasi, Ini Alasannya

Bupati Sragen meminta bantuan Polres dan Kodim untuk melakukan pendekatan kepada ponpes yang emoh ikut vaksinasi.

Angin Kencang yang Rusak 20 Rumah di Sragen, La Nina Sudah Datang?

BKMG mengumumkan ancaman badai La Nina di akhir tahun 2021. Sementara puluhan rumah rusak di Sragen setelah diguyur hujan disertai angin kencang.

Kebangetan, Puluhan Tanaman Hias di Taman Portabel Solo Raib Dicuri

DLH Solo mencatat ada puluhan tanaman hias di taman portabel yang hilang seiring pengadaan fasilitas tersebut pada tahun ini.

Evaluasi PTM, Disdikbud Karanganyar akan Gelar Tes Swab Acak di Sekolah

Meski belum ada penularan Covid-19, Disdikbud Karanganyar akan menggelar tes swab secara acak di sekolah-sekolah.