Vaksinasi Tahap Pertama di Tiga Daerah Jateng, Mana Saja Bro?
Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, saat menggelar jumpa pers terkait pelaksanaan vaksin tahap pertama di Jateng melalui aplikasi Zoom, Rabu (13/1/2020). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng akan mulai melakukan vaksinasi tahap pertama Kamis (14/1/2021) nanti. Ada tiga kabupaten/kota yang akan dapat jatah vaksin Sinovac tahap pertama itu yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo.

Dari tiga daerah itu Kota Semarang akan mendapat jatah vaksin paling banyak yakni 38.240 dosis. Sementara Kabupaten Semarang menerima jatah 8.000 dosis, dan Kota Solo sebanyak 10.620 dosis.

“Jadi vaksinasi tahap pertama nanti Kota Semarang akan menerima 38.240 dosis untuk 18.752 nakes. Sementara Kabupaten Semarang dapat 8.000 dosis untuk 3.978 nakes, dan Kota Solo dapat 10.620 dosis untuk 10.609 nakes,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, saat menggelar konferensi pers secara virtual, Rabu (13/1/2021).

Vaksinasi Covid-19 di Klaten Mulai Februari 2021?

Yulianto mengatakan untuk Kota Solo, jatah vaksin yang diberikan memang baru satu dosis per satu penerima vaksin atau nakes pada vaksinasi tahap pertama. Hal itu berbeda dengan dua daerah lainnya, yakni Kota Semarang dan Kabupaten Semarang yang sudah diberikan jatah dua dosis vaksin per satu sasaran penerima.

Padahal, sesuai aturan setiap penerima vaksin akan mendapat dua dosis yang disuntikan dalam rentang waktu 1-14 hari. Menanggapi hal itu, Yulianto membeberkan alasan pihaknya baru memberikan satu dosis vaksin ke Solo.

Vaksin Sinovac di Jateng Sementara Hanya untuk Semarang & Solo

Masih Terbatas

Hal tersebut dikarenakan jumlah vaksin pada vaksinasi tahap pertama masih terbatas. Selain itu, jarak Kota Solo yang cukup jauh dari lokasi penyimpanan vaksin saat ini membuat pengawasan lebih sulit.

“Rantai dingin penyimpanan vaksin ini kan harus terus dipantau. Jangan sampai rusak, harus di antar 2-8 derajat Celcius. Jadi enggak usah khawatir, toh pemberian dosis pertama dengan kedua rentang waktunya juga 14 hari. Nanti, sebelum 14 hari akan kita didistribusikan lagi,” tutur Yulianto.

Gemetar, Dokter yang Nyuntik Jokowi Ngaku Grogi

Selain nakes, vaksinasi tahap pertama di Jateng nantinya juga akan menyasar kepada para kepala daerah, dan tokoh masyarakat, serta tokoh agama.

Beberapa tokoh yang akan disuntik vaksin, Kamis nanti adalah Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo; Wagub Jateng, Taj Yasin; Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari; Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, dan tokoh agama dari MUI Jateng serta Keuskupan Agung Semarang (KAS).

“Untuk penyuntikan vaksin ke pak Gubernur dan pejabat lainnya akan digelar di RSUD Tugurejo, Kota Semarang, sekitar pukul 07.30 WIB besok [Kamis]. Setelah itu, akan dilakukan pencanangan vaksinasi secara serentak,” terang Yulianto.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom