Vaksinasi Siswa SMA Sederajat di Wonogiri Rampung, PTM Kapan Digelar?

Vaksinasi dosis pertama sasaran siswa SMA/SMK sederajat di Kabupaten Wonogiri sudah rampung pada awal pekan ini.

Rudi Hartono
Minggu, 19 September 2021 - 16:27 WIB

SOLOPOS.COM - Siswa SMA antre mengikuti vaksinasi di Kantor Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, akhir pekan lalu. (istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Vaksinasi dosis pertama sasaran siswa SMA/SMK sederajat di Kabupaten Wonogiri sudah rampung pada awal pekan ini. Vaksinasi terhadap mereka dikebut selama dua hari pada Jumat dan Sabtu pekan lalu.

Jumlah sasaran pada dua hari tersebut lebih dari 26.000 anak dari total hampir 32.000 anak. Pemkab bakal membuka pintu pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) jenjang SMA/SMK sederajat setelah semua siswa divaksin.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Minggu (19/9/2021), vaksinasi siswa SMA/SMK sederajat dimulai dengan menyasar siswa yang bersekolah di kawasan kota Wonogiri, seperti SMAN 1 Wonogiri, SMAN 2 Wonogiri, SMKN 1 Wonogiri, SMKN 2 Wonogiri, dan lainnya.

Baca Juga: Daftar 25 Wilayah Rawan Tsunami di Pulau Jawa, 4 di Jateng Termasuk Wonogiri

Kegiatan digelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri selama beberapa hari mulai Kamis (9/9/2021). Ribuan siswa divaksin. Siswa yang belum terkaver menjalani vaksinasi di kantor kecamatan masing-masing, pada Jumat dan Sabtu pekan lalu.

Data sasaran vaksinasi siswa SMA/SMK sederajat per 14 September 2021 yang Solopos.com peroleh, vaksinasi berbasis kecamatan tersebut menyasar 26.099 orang. Sasaran paling banyak terdapat di Kecamatan Baturetno, yakni mencapai 2.003 orang. Kecamatan lain yang sasarannya mencapai ribuan, seperti Pracimantoro 1.835 orang, Purwantoro 1.591 orang, dan Tirtomoyo 1.529 orang. Sasaran di kecamatan lainnya 300-an hingga 900-an orang.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menyampaikan vaksinasi pelajar didahulukan bagi siswa SMA/SMK. Setelah semua sasaran tervaksin PTM terbatas dapat dilaksanakan. Menurut dia, PTM tak perlu menunggu vaksinasi dosis kedua terlebih dahulu agar kegiatan bisa segera dilaksanakan.

“Vaksinasi tak mengenal diskriminasi. Baik siswa dari dan bersekolah di Wonogiri, siswa dari luar Wonogiri yang bersekolah di Wonogiri, maupun sebaliknya semua divaksin. Mereka semua anak negeri yang harus dilindungi dari Covid-19,” ucap lelaki yang akrab disapa Jekek itu.

Baca Juga: Gegara Truk Rem Blong di Wonogiri, Tiga Kendaraan Terlibat Kecelakaan

Terpisah, Camat Selogiri, Sigit Purwanto, mengatakan vaksinasi siswa SMA/SMK sederajat di kecamatannya menyasar 451 orang. Mereka merupakan siswa yang berdomisili di Kecamatan Selogiri. Ada sejumlah siswa dari Kecamatan Selogiri yang bersekolah di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo dan sekitarnya. Mereka divaksin bersamaan dengan jadwal vaksinasi masyarakat umum.

“Karena sasaran tak sampai 500 orang, vaksinasi bisa selesai satu hari. Instruksi yang kami terima vaksinasi di kecamatan sasarannya siswa SMA/SMK sederajat. Kalau yang sasarannya siswa SMP belum ada informasi lebih lanjut,” ulas Sigit.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif