SOLOPOS.COM - Vaksinasi rabies gratis di Kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan dan Peternakan (Dislakpernak) Kabupaten Wonogiri tahun lalu. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Kelautan Dan Perikanan dan Peternakan (Dislakpernak) Kabupaten Wonogiri akan mengadakan vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan. Banyaknya pendaftar membuat kuota vaksin di sejumlah lokasi penyuntikan sudah penuh.

Kabid Veteriner Dislapernak Wonogiri, Magdalena Pancaningtyas Utami, mengatakan vaksin yang diberikan secara cuma-cuma atau gratis itu dalam rangka Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day atauWRD) yang diperingati setiap 28 September.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Menurut dia, kegiatan itu bertujuan untuk mempertahankan Provinsi Jawa Tengah bebas dari rabies serta untuk pencegahan terhadap penyakit rabies. Adapun sasaran dari kegiatan ini yakni hewan anjing, kucing, musang dan kera.

Baca Juga: Hiiii… Ada 2 Sosok Misterius di Balik Asale Dusun Tandon di Selogiri Wonogiri

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat tentang penyakit rabies yang merupakan penyakit zoonosis, penularannya dari hewan ke manusia. Harapannya masyarakat dapat melaksanakan vaksinasi rabies secara rutin satu tahun sekali,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu (12/9/2021).

Magdalena menuturkan, Wonogiri mendapatkan alokasi vaksinasi gratis dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah sebanyak 510 dosis. Sementara itu, vaksinasi rabies di Wonogiri tersebar di 11 lokasi, yakni sembilan tempat di praktek dokter hewan mandiri, satu Puskeswan dan Kantor Dislapernak Wonogiri.

Tyas mengatakan, pelaksanaan vaksinasi dilakukan oleh dokter hewan dengan dibantu oleh paramedis veteriner baik itu Pegawai Negwri Sipil (PNS), tanaga harian lepas (THL), serta tenaga kontrak dinas maupun swasta.

“Untuk tahun ini kuota yang didapat Wonogiri dua kali lipat dari tahun lalu. Tahun ini banyak dokter hewan yang praktek mandiri dan ikut terlibat di tempat prakteknya masing-masing. Kalau tahun kemarin baru satu dokter hewan yang berpartisipasi, sekarang ada sembilan,” ungkap dia.

Tyas menjelaskan, beberapa persyaratan untuk bisa ikut vaksinasi gratis ini yakni pemilik hewan ber-KTP Wonogiri, hewan berusia di atas 6 bulan serta kondisi tubuh hewan sehat serta tidak bunting dan tidak menyusui.

Animo Tinggi

Pendaftaran vaksinasi, kata Tyas, dilakukan dengan mengisi link google form https://forms.gle/7ttRuZ382zDivWtUA. Animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi rabies gratis sangat tinggi. Satu hari dibuka, Jumat (10/9/2021), pendaftaran di tiga lokasi langsung penuh kuotanya.

“Saat ini pendaftaran peserta masih dibuka sampai nanti kuota yang tersedia sudah habis. Bagi yang sudah mendaftar, persiapkan hewan yang akan di vaksin. Jaga kesehatan hewan peliharaannya agar siap untuk di vaksin,” ujar dia.

Tyas mengatakan, karena masih dalam pandemi Covid-19, pelaksanaan kegiatan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar tidak menimbulkan kerumunan. Bagi pemilik hewan yang sudah mendaftar, akan dihubungi oleh dokter hewan yang bersangkutan untuk diberikan jadwal pelaksanaannya.

Baca Juga: Mahasiswa UNS KKN Tim 324 Revitalisasi Pasar Alas Jati Wonokarto Wonogiri

“Untuk pelaksanaan nanti diatur jadwalnya oleh tempat praktek masing-masing. Yang pasti dilaksanakan September ini di atas tanggal 20. Karena vaksin bari siap setelah 20 September ini,” papar dia.

Tyas menuturkan, partisipasi dari masyarakat sangat dibutuhkan guna mendukung kegiatan ini. “Kalau vaksinasi mandiri di praktek dokter hewan biasanya dikenakan tarif sekitar Rp100.000. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan vaksinasi gratis ini,” kata Tyas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya