Kategori: Karanganyar

Vaksinasi Nakes Karanganyar Dipastikan Tepat Waktu


Solopos.com/Candra Mantovani

Solopos.com, KARANGANYAR — Sejumlah Puskesmas di Karanganyar memastikan dapat mengejar target untuk memvaksin tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi sasaran di wilayah kerja masing-masing. Total nakes yang sudah menerima vaksin di Kabupaten Karanganyar sebanyak 2.567 dari total sasaran yang dituju.

Kepala Puskesmas Karanganyar, Kusmita Aries Santi, mengatakan mendapatkan jatah memvaksin 306 orang nakes di wilayah kerjanya. Dari keseluruh nakes tersebut, 40 diantaranya terpaksa ditunda lantaran berbagai alasan. Namun, rencananya, proses vaksinasi bagi puluhan nakes yang tertunda akan dilaksanakan pada Senin (1/2/2021).

Baca Juga: Selain Terapi, RSUD dr Moewardi Solo Kini Juga Layani Donor Plasma Konvalesen

“Kami total mendapatkan 306 orang nakes yang harus divaksin. Secara keseluruhan tidak ada kendala dan tidak ada penolakan. Mereka yang tertunda itu karena tensi tinggi dan lainnya. Kemungkinan akan kami selesaikan pada Senin depan,” jelas dia kepada Solopos.com, Jumat (29/1/2021).

Kepala Puskesmas Colomadu II, Ririn Nurliyani, juga mengatakan di tempatnya proses vaksinasi terhadap tenaga kesehatan berjalan lancar sesuai rencana. Puskesmas Colomadu II total mendapatkan jatah 63 nakes untuk divaksin pada penyuntikan pertama.

Keseluruhan Nakes

“Semua berjalan lancar. Tidak ada yang menolak. Tapi memang sebagian ada yang terpaksa tidak bisa divaksin karena pernah terpapar Covid-19 dan harus ditunda karena sedang hamil, menyusui, dan komorbid,” ungkap Ririn.

Baca Juga: Apes! Pedagang Di Sukoharjo Ini Sedang Menggoreng Bakwan Saat Warung Tertabrak Truk

Terpisah, Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Sundoro, mengatakan proses vaksinasi yang dilakukan di Karanganyar untuk keseluruhan nakes sudah mencapai 70 persen atau 2.567 orang dari total sasaran sebanyak 3.331 orang nakes. Sementara beberapa nakes lainnya terpaksa harus ditunda atau tidak bisa divaksin lantaran memiliki kasus khusus.

“Ada beberapa yang harus ditunda. Tapi nanti yang tertunda itu akan tetap kami vaksin. Entah nanti saat Senin atau malam hari setelah sif kerja. Tapi mereka kami berikan istirahat dulu dua atau tiga hari dulu,” beber dia.

Baca Juga: Risa Saraswati Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua, Begini Pengakuannya...

Data Vaksinasi I Nakes Karanganyar

  • Kuota Vaksin: 6.960
  • Sasaran Vaksin: 3.331
  • Nakes yang sudah divaksin: 2.567 (76%)
  • Tertunda Vaksin: 283 (8,5%)
  • Batal Vaksin: 376

Sumber: Dinkes Karanganyar

Share