Vaksinasi Desa di Kabupaten Magelang Digelar di Kolam Renang

Dipilihnya kolam renang sebagai lokasi vaksinasi karena jika diadakan di tempat layanan kesehatan seakan memberikan suasana yang menakutkan bagi para warga.

 Vaksinasi dilakukan di pinggir kolam renang untuk menarik minat warga (Beritamagelang.id)

SOLOPOS.COM - Vaksinasi dilakukan di pinggir kolam renang untuk menarik minat warga (Beritamagelang.id)

Solopos.com, MAGELANG — Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan antusiasme warga agar berpartisipasi dalam program vaksinasi demi pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap pandemi Covid-19. Jika sebelumnya di layananan kesehatan di Kabupaten Sleman bekerjasama dengan pelaku wisata untuk menggelar program vaksinasi yang dinamakan Vaksin With A View, strategi yang sama juga dilakukan di Kabupaten Magelang dengan menggelar vaksinasi di tepi kolam renang.

Mengutip Beritamagelang.id, Rabu (28/7/2021), program vaksinasi yang diadakan pada Senin (26/7/2021) lalu oleh TNI Angkatan Darat di Desa  Girikulon, Kecamatan Secang ini dilakukan di tepi kolam  renang dengan tujuan memberikan suasana yang santai dan tidak tegang. Kolam renang yang digunakan adalah kawasan wisata yang ada di desa setempat.

Kepada Desa Girikulon, Asdar Imam Ukir mengatakan, dipilihnya kolam renang sebagai lokasi vaksinasi karena jika diadakan di tempat layanan kesehatan seakan memberikan suasana yang menakutkan bagi para warga. Oleh karena itu dipilihlah kolam renang sehingga dapat menarik antusiasme warga untuk ikut serta mendukung program vaksinasi sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19.

Baca Juga : 2 Seniman Magelang Gambarkan Situasi Pandemi Covid-19

Selama PPKM, kawasan wisata kolam renang di desa tersebut yang merupakan wisata andalan juga masih tutup sehingga dimanfaatkan sebagai lokasi penyelenggaraan vaksinasi Covid-19. Asdar juga mengatakan bahwa lokasi wisata tersebut merupakan salah satu sumber penghasilan bagi desa yang dia pimpin.

Dia juga menambahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi di tepi kolam renang, dinilai efektif untuk mengantisipasi kerumunan masyarakat. Selain itu karena berada di ruang terbuka, jalan cukup lebar dan terbatas sehingga memungkinkan untuk penerapan jaga jarak karena warga harus satu persatu dalam mendapat giliran vaksinasi.

Target yang disasar dalam program vaksinasi ini sebanyak 500 orang dan sudah sekitar 90% dari target telah menerima vaksinasi. Diharapkan, dengan program vaksinasi ini akan mampu membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity bagi warga setempat sehingga pandemic Covid-19 segera berakhir.

Baca Juga : Petani Kubis di Magelang Kebanjiran Order Saat PPKM

Salah satu penerima vaksinasi bernama Palupi mengatakan senang dan antusias dengan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di tepi kolam renang. Selain karena tempatnya indah, udaranya juga sejuk dan segar sehingga saat divaksin rasanya senang. Palupi juga mengaku baru pertama kali mengikuti vaksinasi dan antusias menantikan vaksin yang kedua.

Sementara itu Komandan Koramil Secang, Kapten Inf Jumiyanto menambahkan bahwa serbuan vaksinasi TNI Angkatan Darat kali ini menyasar kelompok usia 18 tahun ke atas dan juga lansia. Sejak awal tahun 2021, Kabupaten Magelang sudah memvaksinasi 1960 orang.

Dari program vaksinasi tahap pertama tersebut, sekitar 777 orang gagal divaksinasi dikarenakan berbagai faktor, di antaranya 501 orang adalah eksklusi yang disebabkan karena calon penerima adalah penyintas Covid-19, 32 orang tidak hadir dan 244 ditunda karena kondisi kesehatan lainnya.

Baca Juga : Wisata Kedung Kayang Magelang, Legenda dan Mistisnya Jadi Daya Tarik yang Tak Tertampik

Sementara itu, melalui unggahan Story di laman Instagram resmi Kementrian Kesehatan @kemenkes_ri menunjukan bahwa hingga tanggal 26 Juli 2021, tercatat sudah lebih dari 45 juta orang atau sekitar 21,48% telah menerima vaksin dosis pertama dan dari jumlah tersebut sekitar lebih dari 18 juta atau 8,71% sudah divaksinasi lengkap. Sasaran vaksinasi saat ini sendiri berjumlah lebih dari 208 juta penduduk


Berita Terkait

Berita Terkini

Jembatan Tiba-tiba Ambrol, Seorang Ibu Hilang Terbawa Arus

Seorang warga Kebumen, Jawa Tengah hanyut terbawa arus sungai ketika jembatan yang dilewatinya tiba-tiba ambrol.

Polda Jateng Ungkap Identitas WNA Turki Otak Pelaku Skimming ATM

Polda Jateng mengungkap identitas warga negara asing atau WNA asal Turki yang menjadi otak kejahatan skimming kartu ATM di wilayahnya.

Netizen Curhat Vaksin Berbayar Rp300.000, Ini Reaksi Wali Kota Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mendapat laporan dari warganet terkait vaksin Covid-19 berbayar Rp300.000 di wilayahnya.

Mantap! Bus Listrik Bakal Jadi Transportasi Umum di Jateng

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mewacanakan penggunaan bus listrik untuk transportasi umum.

Terkuak! Ada Peran WNA di Balik Pinjol Ilegal di Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng tengah memburu warga negara asing atau WNA yang berperan dalam praktik pinjaman online atau pinjol di wilayahnya.

Ketupat Sumpil: Makan Kupat Pakai Siput, Mau Coba?

Ketupat sumpil adalah olahan beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang atau daun bambu dan disantap  dengan parutan kelapa/serundeng dan bumbu sambal.

Gua Kiskendo, Medan Tempur Subali & Sugriwa Ternyata Ada di Kendal

Menurut legenda, nama Gua Kiskendo diambil dari cerita pewayangan yang mengisahkan pertempuran sengit antara kawanan kera dan kawanan berkepala sapi dan kerbau.

Cek Lur! Ini Daftar 34 Perusahaan Pinjol Ilegal dari Polda Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng mengungkapkan daftar 34 perusahaan dan aplikasi pinjaman online atau pinjol ilegal yang dilaporkan meresahkan masyarakat.

Duh! Aksi Pemotor Onani di Jalan Kembali Terjadi di Pekalongan

Aksi pemotor yang melakukan onani di jalan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) kembali terjadi.

Keren! Semarang Bakal Punya Taman Parkur Seluas 500 Meter Persegi

Pemerintah Kota Semarang bakal membangun taman parkur sebagai tempat anak-anak muda menyalurkan hobi olahraga parkur atau parkour.

Serunya Beli Jajan Pakai Balok di Pasar Sawahan, Yuk Coba

Berbelanja di Pasar Sawahan Ungaran tidak menggunakan uang, tetapi balok kecil. Seru banget hlo.

Roti Ganjel Rel Khas Semarang Unik & Langka, Pernah Coba?

Roti ganjel rel merupakan kuliner unik dan langka khas Semarang yang resepnya warisan dari zaman Belanda.

Mantap! Vaksinasi Pelajar di Kota Semarang Sudah Capai Target

Capaian vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pelajar atau remaja 12-17 tahun di Kota Semarang sudah memenuhi target yang ditetapkan.

Pemprov Jateng Ajak UMKM Bertahan di Masa Pandemi Lewat Pelatihan

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jateng mengajak UMKM bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan menyelenggarakan pelatihan untuk 30 pelaku UMKM di sekitar proyek tol Semarang-Demak.

Perempuan Asal Semarang Tertabrak KA Barang di Grobogan

Seorang perempuan meninggal tertabrak KA barang jurusan Surabaya – Jakarta di jalur rel kereta api di Desa Mojoagung, Karangrayung, Grobogan.

Dibawa dari Aceh, 19,3 Kg Ganja Disita BNN di Magelang

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap seorang pengedar narkoba yang membawa 19,3 kg ganja di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng).