SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Istilah vaksinasi dan imunisasi sering kali membuat orang awam bingung. Apalagi kedua istilah ini sering dipakai secara bergantian untuk maksud yang hampir sama.

Padahal, vaksinasi dan imunisasi memiliki makna yang berbeda. Vaksinasi adalah tindakan memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk merangsang sistem imun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Sedangkan imunisasi suatu proses di dalam tubuh setelah vaksin dimasukkan dan tubuh bereaksi membuat antibodi atau kekebalan," jelas Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Prof. Dr. Sri Rezeki S. Hadinegoro, dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari Detik.com, Selasa (3/11/2020).

Sultan HB X Ingin Masyarakat Masuk Malioboro Jogja Jalan Kaki, Menurutmu?

Kedua istilah ini sering dipakai bersama-sama meski sebenarnya maksudnya berbeda. Penjelasan itu disampaikan dalam sosialisasi media 'Vaksinasi Untuk Negeri' bersama Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Sabtu (31/10/2020).

Seperti diketahui, saat ini sejumlah negara berlomba mengembangkan riset tentang vaksin untuk mengatasi pandemi Covid-19. Vaksin ini sangat dibutuhkan untuk pengendalian wabah.

Dihantui Mimpi Buruk, Pria di Jepara Nekat Terjun ke Sumur

Vaksinasi memang penting dalam upaya pencegahan penyakit. Selain itu, ketersediaan air bersih juga harus diperhatikan.

"Jika air bersih tersedia di seluruh Indonesia, mungkin lima puluh persen dari penyakit itu sudah dapat diatasi," ujarnya.

Masjid Agung di Prancis Diteror Kepala Babi

Upaya lain yang penting dilakukan untuk mencegah penularan penyakit adalah menghindari polusi di dalam ruangan.

"Bapak atau ibu yang merokok di dalam ruangan itu menciptakan indoor pollution. Kalau di daerah Timur itu masih banyak yang memasak di dalam rumah dengan kayu sehingga asapnya ke mana-mana. Itu harus dihindari," tuturnya.

Selebihnya pemberian ASI eksklusif untuk bayi, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, imunisasi, dan mengikuti program KB menjadi hal yang cukup berguna mencegah penyakit. Sementara untuk mencegah penularan Covid-19, masyarakat juga perlu menerapkan perilaku baru berupa memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya