Kategori: Boyolali

Vaksinasi Covid-19 Tahap I di Boyolali Capai 77,26%


Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi

Solopos.com, BOYOLALI -- Vaksinasi Covid-19 tahap I atau pertama untuk dosis pertama di Boyolali telah mencapai 77,26%, Senin (1/2). Sementara untuk sasaran vaksin yang batal divaksin ada 291 orang dari 3.822 sasaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S. Survivalina, mengatakan dari 3.822 sasaran dari vaksinasi tahap pertama, sebanyak 2.953 orang di antaranya sudah disuntik vaksin Covid-19 untuk dosis pertama.

"Capaian vaksinasi Covid-19 Tahap I saat ini sudah mencapai 77,26%. Dimana capaian itu kalau diurutkan di Jateng [Jawa Tengah], Boyolali menduduki rangking 4. Alhamdulillah kami mendapatkan apresiasi dari Gubernur sebagai daerah yang capaian vaksinasinya terbaik nomor 4 di Jateng," kata dia kepada wartawan, Senin.

Baca juga3 Bulan Mengungsi, Warga Lereng Merapi Tlogolele Boyolali Pulang Ke Rumah

Diketahui pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Boyolali sudah dicanangkan pada 25 Januari 2020. Di luar sasaran yang telah divaksin, ada sebanyak 111 sasaran yang ditunda pemberian vaksinnya karena beberapa alasan. Salah satunya masalah kesehatan. Kemudian ada 291 sasaran dinyatakan batal divaksin.

"Beberapa alasan kenapa ditunda, adalah karena masalah kesehatan, bisa juga karena sedang mendapatkan imunisasi yang lain atau alasan lain yang mengharuskan ditunda. Ada juga yang gugur sebagai penerima vaksin, misalnya karena sedang hamil, menyusui atau karena sebelumnya sudah pernah positif Covid-19," lanjut dia.

Untuk sasaran yang ditunda, dia mengatakan vaksinasi Covid-19 tahap I akan diberikan jika sasaran sudah siap. Kemudian bagi sasaran yang telah menerima vaksin dosis pertama, maka akan menerima vaksin untuk dosis kedua pada dua pekan setelahnya.

Baca jugaKabur dari Kejaran Massa, Maling TV Rusak di Tasikmadu Karanganyar Nekat Nyebur Kali

Sedangkan untuk kebutuhan vaksin dosis kedua, Ratri mengatakan susah disiapkan. Sebab dalam pengiriman vaksin tahap pertama dari pemerintah sudah disiapkan untuk dua dosis sekaligus.

Pemberian vaksin tersebut dilakukan di 52 fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Boyolali. Sehingga diharapkan kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap I dan tahap II berjalan lancar.

 

 

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi