Kategori: Klaten

Vaksinasi Covid-19 Klaten: Sebelum Divaksin, Warga Lansia Wajib Jawab 5 Pertanyaan Tambahan Ini


Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso

Solopos.com, KLATEN – Vaksinasi Covid-19 untuk kaum lanjut usia atau lansia saat ini tengah berlangsung di Kabupaten Klaten. Ada lima pertanyaan tambahan yang harus dijawab calon penerima vaksin agar lolos screening.

Pertanyaan tambahan itu sesuai SE nomor: HK.02.02/II/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid, dan Penyintas Covid-19 serta Sasaran Tertunda.

Kelima pertanyaan tambahan itu antara lain apakah mengalami kesulitan menaiki 10 anak tangga hingga apakah memiliki lima dari 11 penyakit kronis. Selain pertanyaan tambahan, dosis kedua pada lansia diberikan 28 hari dari suntikan pertama.

Baca Juga: Bak Adegan Film Silat, Polisi Bekuk Orang Gangguan Jiwa Bersenjata Pedang Di Pedan Klaten

Jarak waktu pemberian dosis kedua pada vaksinasi lansia ini lebih lama dibandingkan vaksinasi kepada usia dewasa yang jedanya hanya 14 hari. Kasi Surveilans Karantina Kesehatan dan Imunisasi Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Klaten, Mentes Hartanti, mengatakan pertanyaan tambahan atau screening kerentanan itu diberikan beberapa hari sebelum warga lansia mendapatkan suntikan pertama vaksinasi Covid-19.

Screening Kerentanan

“Yang menjadi pembeda untuk lansia ada screening kerentanan ini. Minimal dilakukan tiga hari sebelumnya. Kalau sudah dinyatakan lolos, baru datang ke fasyankes [fasilitas pelayanan kesehatan untuk mengikuti vaksinasi],” kata Mentes saat ditemui wartawan di Dinkes Klaten, Selasa (9/3/2021).

Meski sudah lolos screening kerentanaan, warga lansia tetap harus melewati proses screening terdiri dari 15 pertanyaan sebelum dinyatakan lolos syarat vaksinasi. Screening itu termasuk mengukur suhu tubuh serta tekanan darah.

Baca Juga: Tiwas Bikin Geger! Dikira Tenggelam, Bocah Sukoharjo Ini Ternyata Lagi Nonton TV Di Rumah

“Paling tidak screening dengan pertanyaan lima poin itu dilakukan tiga hari sebelumnya. Setelah dinyatakan lolos screening kerentanaan, peluang lolos bisa mendapatkan vaksinasi 90 persen. Sampai fasyankes sebelum vaksinasi, tetap ada proses screening lagi,” kata Mentes.

Mentes menambahkan jika warga lansia yang tekanan darahnya tinggi melebihi ketentuan, mereka tetap tidak bisa mengikuti vaksinasi di fasyankes Klaten meskipun lolos screening kerentanan.

Ketentuan Pemerintah Pusat

Pertanyaan tambahan bagi lansia sebelum menerima vaksin merupakan ketentuan dari pemerintah pusat. Begitu pula terkait rentang waktu pemberian suntikan dosis vaksin kepada dengan jarak 28 hari.

Baca Juga: Sudah Tak Ada Pasien, Puluhan Petugas Bangsal Covid-19 Brotowali II Boyolali Dibebastugaskan

Berikut lima pertanyaan tambahan untuk warga lansia sebelum divaksin Covid-19:

- Apakah mengalami kesulitan untuk menaiki 10 anak tangga?

- Apakah punya 5 penyakit dari 11 penyakit kronik (hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke, dan penyakit ginjal)?

- Apakah sering merasa kelelahan?

- Apakah mengalami penurunan berat badan secara signifikan dalam setahun terakhir?

- Apakah sulit berjalan sejauh 100 meter-200 meter?

Jika ada 3 jawaban ya atau lebih dari 5 pertanyaan, vaksin Covid-19 tidak bisa diberikan

Sumber : SE Kemenkes.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih