SOLOPOS.COM - Siswa menahan sakit saat disuntik vaksin oleh petugas medis pada vaksinasi Covid-19 di Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Rabu (22/9/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Vaksinasi Covid-19 di Solo mulai menyasar tempat-tempat wisata. Pada Minggu (28/11/2021), vaksinasi digelar salah satunya di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pada Minggu pagi sekitar pukul 10.00 WIB, sejumlah warga sudah berkumpul di halaman depan kebun binatang Kota Solo itu. Mereka mengantre untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kegiatan vaksinasi mulai dari pemeriksaan, penyuntikan hingga observasi dilakukan di tenda-tenda yang didirikan di lokasi tersebut. Menurut keterangan petugas, ada sekitar 120 vial atau 240 dosis vaksin Sinovac yang disiapkan di lokasi itu. Tujuan dari vaksinasi di lokasi wisata salah satunya adalah untuk menjaring warga yang beraktivitas di Solo yang belum sempat mendapatkan vaksin Covid-19.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Vaksinasi VR untuk Siswa SD di Solo Ditarget Selesai Sebulan

“Tentunya kami ingin cakupan vaksinasi ini bisa terus meningkat. Bagi masyarakat yang belum sempat vaksin, kami sediakan,” jelas Kasi Surveilans dan Kejadian Luar Biasa Dinas Kesehatan Solo, Muhammad Abdul Rochim, Minggu.

Dia mengatakan selain vaksinasi di tempat-tempat khusus seperti di tempat wisata, pelayanan vaksinasi juga tetap dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). “Kami siapkan 39 fasyankes untuk vaksinasi, baik di rumah sakit, Puskesmas dan sentra vaksin yang ada di Graha Wisata. Bagi masyarakat yang belum, mohon kesadarannya datang ke lokasi vaksinasi,” kata dia.

Dia menjelaskan semakin banyak masyarakat yang telah mendapatkan vaksin Covid-19, akan terbentuk kekebalan kelompok. Dengan begitu diharapkan ke depan tidak lagi terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Baca Juga: Gibran: Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Solo Dimulai Tahun Depan

Abdul menyebutkan, selain di TSTJ, vaksinasi di tempat wisata juga dilakukan di Taman Balekambang. Salah satu peserta vaksinasi, Fitria, mengatakan dirinya sengaja datang ke TSTJ hanya untuk mengikuti vaksinasi. Sebab keterangan vaksinasi juga dibutuhkan untuk keperluan pekerjaannya.

“Ini vaksinasi yang pertama. Tahu ada vaksinasi dari pimpinan tempat kerja. Sebab keterangan vaksinasi digunakan untuk keperluan bekerja,” jelas dia. Sedangkan alasannya memiliki lokasi tersebut untuk mendapatkan vaksin, karena lebih dekat dari rumahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya