Vaksinasi Covid-19 di Klaten Dimulai Hari Ini, 305 Petugas Disiapkan
Kepala Dinas Kesehatan Klaten, Cahyono Widodo, menyerahkan vaksin Covid-19 ke petugas RSD Bagas Waras Klaten di gudang farmasi Dinkes Klaten, Minggu (24/1/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak 305 petugas vaksinasi disiapkan untuk melakukan vaksin Covid-19 di Klaten. Vaksinasi sendiri akan dimulai pada hari ini, Senin (25/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan ratusan vaksinator dan nakes tersebar di berbagai pelayanan kesehatan mulai dari rumah sakit, puskesmas, hingga klinik milik pemerintah maupun swasta.

"Pelatihan sudah diberikan. Tidak hanya masalah teknis penyuntikan. Mereka sudah dilatih input data agar prosesnya juga bisa cepat," kata Cahyono saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (24/1/2021).

Baca Juga: 248.600 Vaksin Sinovac Tiba di Jateng, 32 Kabupaten/Kota Siap Vaksinasi

Sementara itu, vaksin Covid-19 yang sudah diterima mulai didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan mulai Minggu. Pengambilan vaksin itu dimulai pada Minggu siang seperti dari RSD Bagas Waras Klaten, RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten, RSU Islam Klaten, serta beberapa puskesmas.

Sebelumnya, 12.040 dosis vaksin tiba di gudang farmasi Dinkes Klaten, Kecamatan Klaten Utara dengan pengawalan polisi bersenjata lengkap. “Jadwal vaksinasi dimulai besok [Senin (25/1/2021)]. Sesuai petunjuk, kami upayakan pada Kamis [28/1/2021] itu selesai,” kata Cahyono.

Nakes Jadi Prioritas

Cahyono menuturkan vaksinasi Covid-19 diprioritaskan ke tenaga kesehatan di Klaten. Ada 6.779 nakes di Klaten. “Ini satu episode dulu. Tentu nanti akan dilanjutkan untuk berikutnya. Namun, kami belum sampai ke berapa banyak yang akan dilakukan vaksinasi pada tahap kedua,” kata Cahyono.

Salah satu petugas RSD Bagas Waras Klaten, Yosi, menjelaskan ada 10 petugas vaksinasi yang disiapkan. Ditargetkan ada 300an pegawai yang mendapatkan vaksinasi. Yosi mengaku lega para nakes segera mendapatkan vaksinasi.

Baca Juga: Mayat Pria Jebres Solo Mengapung di Kedung Kalongan Kebakkramat

Meskipun tak terlalu waswas selama hampir 11 bulan berjibaku menangani pasien Covid-19, vaksinisasi setidaknya membikin para nakes semakin merasa terlindungi. “Sebenarnya kami santai saja [menangani kasus Covid-19]. Sudah menjadi bagian dari tugas sehingga otomatis cong. Namun, paling tidak dengan vaksinasi ini kami merasa terlindungi,” tutur dia.

Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyatakan Dinkes sudah menyiapkan proses vaksinasi. Disinggung kesiapannya, Mulyani menyatakan siap menjadi orang pertama di Klaten yang menjalani vaksinasi. “Kalau saya ya siap lah. Semua demi kesehatan bersama,” kata dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom