Kategori: Boyolali

Vaksinasi Covid-19 di Boyolali Direncanakan Awal 2021


Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi

Solopos.com, BOYOLALI -- Kegiatan vaksinasi untuk Covid-19 di Boyolali direncanakan akan mulai digelar di awal 2021. Untuk tahap awal akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina, mengatakan sesuai hasil koordinasi terkait kegiatan vaksinasi Covid-19 tersebut, ada rencana pelaksanaanya dimulai pada awal 2021.

Warga Jebres Solo Meninggal Tertabrak Minibus di Wonogiri Saat Hendak Nyekar Makam Suami

"Jadi kemarin kami sudah diajak rapat secara virtual. Disampaikan bahwa program imunisasi ini sudah akan dilakukan pada awal 2021. Prioritas adalah nakes," kata dia kepada wartawan, Rabu (30/12/2020). Dia mengatakan jika tidak ada kendala, kegiatan tersebut akan dilakukan pada pekan ketiga Januari 2021.

Ratri mengatakan sejauh ini sudah dilakukan pendataan untuk jumlah nakes yang akan disasar, hingga jumlah fasilitas kesehatan yang akan melayani vaksinasi Covid-19. Khusus untuk Boyolali, jumlah nakes yang telah terdata untuk mendapatkan vaksin sebanyak 4.423 orang.

Jadi Langganan Banjir, Warga Desa Kadokan Sukoharjo Sudah Siapkan Jalur Evakuasi

Kemudian jumlah vaksin yang sudah dialokasikan sebanyak 8.846 vaksin. Sebab menurutnya vaksin tersebut disiapkan sayu paket, yakni dua kali penyuntikan. Untuk fasilitas kesehatan, sebelumnya dia mengatakan sudah ada 52 fasilitas kesehatan yang siap melayani vaksinasi.

"Tapi kemarin, ada dua fasilitas kesehatan yang mundur, jadi sekarang ada 50 fasilitas kesehatan baik fasilitas pemerintah maupun swasta," lanjut Ratri.

Sebelumnya juga telah dilakukan pelatihan untuk tenaga kesehatan yang akan memberikan pelayanan vaksin. Pelatihan diberikan baik kepada dokter penanggung jawab fasilitas kesehatan, petugas pelaksananya maupun petugas administrasinya.

Libatkan Sukarelawan, Edukasi Perilaku Hidup Baru Jadi Fokus Pemdes Gawanan Karanganyar

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi