SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Vaksinasi Covid-19 saat ini masih terus digencarkan oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo. Petugas mulai menyasar tempat-tempat wisata. Pada Minggu (28/11/2021), vaksinasi digelar di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu pagi sekitar pukul 10.00 WIB, sejumlah warga sudah berkumpul di halaman depan kebun binatang Kota Solo itu. Mereka mengantre untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan vaksinasi mulai dari pemeriksaan, penyuntikan hingga observasi dilakukan di tenda-tenda yang didirikan di lokasi tersebut. Menurut keterangan petugas, ada sekitar 120 vial atau 240 dosis vaksin Sinovac yang disiapkan di lokasi itu.

Baca Juga: Konsumsi Anjing di Solo Marak, DMFI Menanti Komitmen Gibran

Tujuan dari vaksinasi Covid-19 di lokasi wisata salah satunya adalah untuk menjaring warga yang beraktivitas di Solo dan belum sempat mendapatkan vaksin. “Tentunya kami ingin cakupan vaksinasi ini bisa terus meningkat. Bagi masyarakat yang belum sempat vaksin, kami sediakan,” jelas Kasi Surveilans dan Kejadian Luar Biasa Dinas Kesehatan Solo, Muhammad Abdul Rochim, Minggu.

Ia mengatakan selain vaksinasi di tempat-tempat khusus seperti di tempat wisata, pelayanan vaksinasi juga tetap dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). “Kami siapkan 39 fasyankes untuk vaksinasi, baik di rumah sakit, Puskesmas, maupun sentra vaksinasi di Graha Wisata. Bagi masyarakat yang belum vaksin, mohon kesadarannya datang ke lokasi vaksinasi,” katanya.

Ia menjelaskan semakin banyak masyarakat yang telah mendapatkan vaksin Covid-19, akan semakin cepat terbentuk kekebalan kelompok. Dengan begitu diharapkan ke depan tidak lagi terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Baca Juga: Festival Bocah Dolanan 2021 Ajak Anak Kekinian Kenal Dolanan Dakon

Abdul menyebutkan selain di TSTJ, vaksinasi Covid-19 di tempat wisata hari itu juga dilakukan di Taman Balekambang. Salah satu peserta vaksinasi, Fitria, mengatakan dirinya sengaja datang ke TSTJ hanya untuk mengikuti vaksinasi.

“Ini vaksinasi yang pertama. Tahu ada vaksinasi iji dari pimpinan tempat kerja. Sebab keterangan vaksinasi digunakan untuk keperluan bekerja,” jelasnya. Sedangkan alasannya memiliki lokasi tersebut untuk mendapatkan vaksin, karena lebih dekat dari rumahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya