Vaksinasi Covid-19 Baru 45%, Danrem Tetap Yakin Herd Immunity Wonogiri Bisa Terbentuk Oktober

Danrem Warastratama optimistis capaian vaksinasi Covid-19 Wonogiri bisa digenjot hingga 70% pada Oktober 2021 sehingga herd immunity terbentuk.

 Danrem 074/Warastratama Solo, Kolonel Inf Rudy Saladin, saat meninjau vaksinasi di Pendapat Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (21/9/2021). (Solopos/M Aris Munandar)

SOLOPOS.COM - Danrem 074/Warastratama Solo, Kolonel Inf Rudy Saladin, saat meninjau vaksinasi di Pendapat Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (21/9/2021). (Solopos/M Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Danrem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Rudy Saladin, optimistis capaian vaksinasi Covid-19 Wonogiri bisa menyentuh 70 persen alias terbentuk herd immunity pada Oktober mendatang.

Sistem vaksinasi di Wonogiri dinilai sudah berjalan baik dan menunjukkan sinergitas dari berbagai unsur. Hal itu disampaikan Rudy Saladin saat meninjau percepatan vaksinasi di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (21/9/2021).

“Saya sangat terkesan berkunjung ke sini. Saya melihat unsur pemda, polres, dan kodim sangat sinergis. Permasalahan yang saat ini kita hadapi adalah Covid-19,” katanya di sela-sela peninjauan vaksinasi.

Baca Juga: PTM SMP dan SMA Sederajat di Wonogiri Mungkin Digelar Bareng

Ia mengapresiasi pola atau sistem vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Wonogiri. Vaksinasi digelar serentak di 25 kecamatan setiap hari. Berdasarkan pantauannya, antusiasme masyarakat untuk divaksin di Wonogiri cukup tinggi.

“Vaksin digenjot ramai-ramai, dikeroyok ramai-ramai di 25 titik melibatkan Kodim dan Polres. Saya lihat nakes dan faskes sudah siap, tidak ada kendala. Misal dalam waktu dekat punya target 50 persen warga sudah divaksin bisa tercapai,” ungkapnya.

Dengan sistem atau pola seperti itu, Rudy Saladin optimistis pada Oktober nanti vaksinasi Covid-19 di Wonogiri sudah mencapai 70 persen. Angka itu berarti herd immunity di Wonogiri bisa tercapai.

Baca Juga: Puluhan Kebakaran Terjadi di Wonogiri Tahun Ini, Mayoritas Penyebabnya Karena Ini

“Kami siap mendukung program yang dirumuskan Bupati Wonogiri. Semua terpimpin satu pintu, vaksinasi dikeroyok ramai-ramai. Sinergitas di sini bukan hanya jargon, tapi pelaksanaan di lapangan semua terlibat betul,” katanya.

60 Personel Dokter

Lebih jauh, Rudy Saladin menjelaskan Korem 074/Warastratama Surakarta mendapatkan 60 personel untuk membantu vaksinasi di wilayah Soloraya. Puluhan personel itu merupakan siswa Sekolah Perwira Prajurit Karier (Sepa PK) Tentara Nasional.

“Kualifikasi mereka dokter. Kami bagi menjadi enam kelompok. Setiap daerah sepuluh orang. Mereka siap membantu percepatan vaksinasi di Soloraya,” kata Rudy Saladin.

Baca Juga: Waduh… 40% Peserta Tes SKD Wonogiri di LPPKS Karanganyar Tak Penuhi Passing Grade

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan vaksinasi Covid-19 merupakan wujud konkret sinergitas Pemda, Polri dan TNI. Danrem 074/Warastratama berkenan menyurvei, meninjau, dan mengawasi agar vaksinasi bisa berjalan baik.

“Alhamdulillah pengamatan beliau kami diapresiasi. Vaksinasi di 25 titik ini sebagai upaya konstruktif agar herd immunity terbentuk. Target arahan beliau pertengahan Oktober sudah 70 persen [warga yang sudah divaksin],” kata Joko Sutopo.

Berdasarkan website resmi Pemkab Wonogiri, hingga Senin (20/9/2021) pukul 21.00 WIB, cakupan vaksinasi di Wonogiri mencapai 45,11%. Dari 855.663 sasaran di Wonogiri, sebanyak 385.985 sudah divaksin dosis pertama.


Berita Terkait

Berita Terkini

Minibus yang Terguling di Karanganyar Ternyata Bawa Rombongan Guru SD

Minibus yang ngglondor di Matesih, Karanganyar, mengangkut rombongan guru SD asal Demak yang beranggotakan 14 orang.

Sepakat dengan Istri, Bupati Wonogiri Hanya Ingin Punya Satu Anak

Saat meluncurkan buku karya anaknya, Bupati Wnogiri, Joko Sutopo, mengaku telah bersepakat dengan istrinya hanya ingin memiliki satu anak.

Penemuan Arca di Candi Sirih Sukoharjo, Tim Gali Tanah hingga 1 Meter

Dua arca ditemukan oleh tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta di Candi Sirih Sukoharjo di kedalaman sekitar 1 meter.

Ternyata Waldjinah Tak Suka dan Enggan Menyanyikan Lagu Ini

Seumur hidup Waldjinah hanya sekali menyanyikan lagu berbahasa asing.

Akan Berusia 76 Tahun, Ini Keinginan Terpendam Ratu Keroncong Solo

Waldjinah akan genap berusia 76 tahun pada 7 November 2021 mendatang. Oleh anaknya Waldjinah tak boleh lagi bernyanyi untuk komersial.

Wow! 2 Arca Ditemukan di Candi Sirih Sukoharjo

Tim peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta menemukan arca wisnu dan arca agastya saat proses eksvakasi lanjutan di situs bersejarah Candi Sirih Sukoharjo.

Pamsimas Gagal, Warga Tiga Desa di Sragen Alami Krisis Air Bersih

Tiga Desa di tiga Kecamatan di Sragen alami krisis air bersih karena kekeringan. Mereka mengandalkan bantuan air bersih dari Pemkab Sragen untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Rektor ISI Surakarta Mewisuda 278 Mahasiswa pada Gelombang II 2021

Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mewisuda 278 orang mahasiswa lulusan program sarjana, magister, dan doktor pada Jumat (15/10/2021).

Minibus Angkut 8 Penumpang Asal Demak Ngglondor di Matesih

Tak kuat menanjak di jalur menuju Candi Sukuh, minibus yang mengangkut rombongan dari Demak ngglondor dan terguling.

Kisah Beras Delanggu yang Kini Tinggal Nama

Beras Delanggu kini tinggal nama brand. Tidak ada petani di Delanggu, Klaten, yang menanam beras raja lele yang dikenal pulen dan enak.

Sayangkan Komentar Rudy Soal Celeng, Dencis: Seharusnya Menyejukkan

Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng), Denny Nurcahyanto, menilai pernyataan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, memperkerus suasana.

Kata Dencis Soal Sanksi Kader yang Dukung Ganjar Pranowo

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng, Denny Nurcahyanto, menyebut pihaknya tak berhak memberikan sanksi bagi kader yang melanggar instruksi partai.

Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dilantik, Asproksi Jateng Komitmen Pasarkan Produk Kesehatan Lokal

Pengurus Asosiasi Produk Kesehatan Indonesia Standar Internasional (Asproksi) Jateng dilantik. Mereka berkomitmen untuk mendukung pemasaran produk kesehatan lokal.

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.