Vaksinasi Booster Wonogiri Pakai AstraZeneca, 208.000 Lansia Disasar

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memastikan stok vaksin booster aman dan bisa memenuhi kebutuhan untuk memvaksinasi 208.000 orang lansia.

 Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (kiri), meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi orang lansia di pendapa rumah dinasnya kompleks Setda Wonogiri, Jumat (14/1/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (kiri), meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi orang lansia di pendapa rumah dinasnya kompleks Setda Wonogiri, Jumat (14/1/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memulai vaksinasi dosis ketiga atau booster ditandai dengan memvaksinasi 1.500 orang lanjut usia (lansia) warga Kecamatan Wonogiri di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri kompleks Sekretariat Daerah (Setda), Jumat (14/1/2022).

PromosiPetani Belum Menjadi Subjek Utama Proyek Nasional Kedaulatan Pangan

Vaksinasi akan dilanjutkan ke seluruh wilayah dengan berbasis kantor kecamatan. Total sasaran orang lansia sebanyak 208.000 jiwa.

Pantauan Solopos.com, orang lansia memadati halaman Setda sejak pagi. Mereka mendaftarkan diri kepada petugas. Setelah mendaftar mereka mengantre giliran divaksinasi. Orang lansia yang datang semakin banyak. Mereka memakai masker.

Baca Juga: Jembatan Girpasang Banyak Wisatawan, Sri Mulyani: Utamakan Keselamatan

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, seusai meninjau dimulainya atau kick-off vaksinasi dosis ketiga, mengatakan vaksin yang digunakan untuk booster adalah AstraZeneca. Sasaran harus memenuhi syarat yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yakni sudah menjalani vaksinasi dosis kedua minimal enam bulan sebelumnya.

Dia memastikan stok vaksin booster aman dan bisa memenuhi kebutuhan untuk memvaksinasi 208.000 orang lansia. Pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan menyuplai vaksin secara berkala.

“Vaksin jenis apa pun kami enggak ada masalah. Setelah menerima suplai akan langsung kami suntikkan,” kata lelaki yang akrab disapa Jekek itu.

Baca Juga: Alun-Alun Klaten akan Steril Jual-Beli, PKL Direlokasi ke Jalan Bali

Sebagai informasi, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui lima vaksin untuk booster, meliputi CoronaVac atau Sinovac, Comirnaty Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zififax.

Bupati melanjutkan vaksinasi dosis ketiga dengan sasaran orang lansia di kecamatan lain akan dilaksanakan setelah vaksinasi dosis pertama sasaran kelompok usia enam hingga 11 tahun selesai. Hingga Jumat cakupan vaksinasi anak mencapai 67 persen dari total sasaran sebanyak 83.364 anak.

Pemkab akan menerapkan strategi seperti sebelumnya dalam memvaksinasi orang lansia dosis ketiga, yakni akan digelar di kantor-kantor kecamatan. Sebelum dilaksanakan, tim akan memetakan mana sasaran yang menerima vaksinasi dosis kedua sudah sejak enam bulan lalu dan mana sasaran yang menerima vaksin dosis kedua kurang dari enam bulan.

Baca Juga: Siap-Siap! Alun-alun Klaten Segera Ditata, Pedagang bakal Direlokasi

“Karena ada kriteria yang harus dipenuhi sehingga vaksinasi membutuhkan proses,” ulas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri, Setyarini, mengatakan pada tahap awal ini vaksin yang digunakan untuk booster merupakan stok yang sudah ada.

Itu sesuai instruksi Kemenkes. Seiring berjalannya waktu vaksin booster akan didistribusikan ke daerah-daerah, termasuk Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga: Hidupkan Kawasan Utara Klaten, Jalan Pemuda akan Dibikin Searah 24 Jam

Salah satu sasaran vaksinasi booster, Sukaryanti, 62, warga Kelurahan Wonokarto, Kecamatan Wonogiri, mengaku tak merasakan keluhan apa pun setelah menerima vaksinasi dosis ketiga. Vaksin booster yang dia peroleh berbeda jenis dengan vaksin dosis pertama dan kedua.

Sebelumnya dia divaksinasi dosis pertama dan kedua menggunakan Sinovac. Perempuan yang biasa disapa Yanti itu merasa lebih terlindungi setelah divaksinasi.

“Aktivitas sehari-hari saya mengantar cucu sekolah dan menjemputnya. Kalau pas menjemput kan banyak orang. Setelah divaksin dosis pertama dan kedua sebelumnya saya merasa lebih tenang saat beraktivitas di luar rumah. Setelah divaksin dosis ketiga semakin tenang,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Damkar Sukoharjo Gandeng Semua Perusahaan Punya Hidran Jadi Mitra

Sekitar 20 perusahaan yang berdiri di Sukoharjo saat ini sudah menandatangani MoU dengan Damkar Sukoharjo dalam hal penanganan kebakaran.

Sensasi Makan Pentol Bakar 1 Meter di Sriwedari Solo, Pedasnya Nampol!

Seorang pedagang kuliner di selter barat Pengadilan Negeri Solo membuat inovasi unik yakni pentol bakar sepanjang 1 meter yang tidak hanya enak tapi juga mengenyangkan.

Dihapus pada 2023, Ini Jumlah Pegawai Honorer Pemkot Solo

Pegawai honorer atau tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK) di Kota Solo masih sangat dibutuhkan untuk memenuhi kekurangan jumlah PNS.

Puluhan Pegawai KAI Daop 6 Yogyakarta Jalani Tes Deteksi Narkoba

Puluhan pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta dari jajaran masinis hingga top management menjalani tes urine deteksi narkoba.

Jalan TMMD Bisa Pangkas Jarak di Sendangmulyo Wonogiri 8,5 Kilometer

TMMD akan membangun jalan baru berstruktur makadam yang menghubungkan Dusun Kraguman dengan Dusun Sendang.

PTM Terbatas 100 Persen Klaten Dievaluasi

Pemkab Klaten masih mengevaluasi kembali kegiatan PTM terbatas dengan mempertimbangkan perkembangan kasus Covid-19.

Kasus Covid-19 Meningkat, Klaten Kembali Perketat Pendatang

Kasus Covid-19 Klaten meningkat berawal dari para perantau yang berdatangan ke Klaten.

Ada Penyelundupan Narkoba, Tes Urine Warga Binaan Rutan Solo Negatif

Hasil tes urine secara acak terhadap 15 penghuni sel narkoba di Rutan Solo diketahui negatif. Tes urine ini menindaklanjuti penyelundupan jeruk berisi benda diduga sabu-sabu.

Peduli, Polres Klaten Bedah Rumah Warga di Karanganom

Kegiatan bedah rumah itu dilakukan bersama Kodim Klaten, Pemerintah Desa (Pemdes) Kunden, sukarelawan, dan elemen warga lainnya di Karanganom dan sekitarnya.

Pemkot Solo Siapkan 3 Lokasi Darurat bagi Pedagang Pasar Mebel Gilingan

Selama pembangunan sentra IKM, sebanyak 85 pedaagang Pasar Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, akan dipindahkan sementara ke pasar darurat di tiga lokasi.

Keren, Desa Pondok Klaten Ubah TPS Liar Jadi Taman-Fasilitas Olahraga

Pembangunan kawasan taman sekaligus fasilitas olahraga di lahan tanah kas desa seluas kurang lebih 5.000 meter persegi itu menjadi bagian penataan wajah desa di Pondok.

Penyelundupan Barang ke Rutan Solo Masih Terjadi, Terus Apa Solusinya?

Penyelundupan barang-barang terlarang ke dalam Rutan Solo masih saja terjadi meski pengamanan dan pemeriksaan sudah sangat ketat.

Menyusut 6.391 Ton, Alokasi Pupuk Subsidi NPK di Wonogiri 34,43 Persen

Alokasi awal pupuk bersubsidi jenis NPK Phonska sebesar 17.752 ton atau 34,43 persen dari rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK).

DPRD Karanganyar Minta Pemerintah Beri Solusi Bagi Tenaga Honorer

Wakil Ketua DPRD Karanganyar meminta pemerintah tidak serta merta menghapus tenaga honorer tanpa memberi solusi bagaimana nasib masa depan mereka.

Angka Kasus Covid-19 Karanganyar Naik Lagi, Jangan Abaikan Prokes

Dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Karanganyar. Warga diminta waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Belum Punya Kartu Tani? Petani Boyolali Bisa Bawa KTP Saat Tebus Pupuk

Penyerapan pupuk bersubsidi tak optimal tersebut lantaran ada kendala yang dihadapi, salah satunya petani Boyolali yang belum memiliki kartu tani.