SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (kiri), meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi orang lansia di pendapa rumah dinasnya kompleks Setda Wonogiri, Jumat (14/1/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Seperti daerah lain, Kabupaten Wonogiri terus menggelar vaksinasi dosis ketiga atau booster. Vaksinasi itu kali pertama digelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati kompleks Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Wonogiri, Jumat (14/1/2022). Kini vaksinasi digelar di kecamatan yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas.

“Kalau di UPTD Puskesmas Wonogiri II, jadwal vaksinasi booster-nya biasa dilaksanakan tiap Senin, tapi tergantung ketersediaan stok vaksinnya juga,” ujar Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri II, dr. Estrini Wahyuni Utami, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (9/2/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia menjelaskan pelaksanaan vaksinasi booster di wilayah UPTD Puskesmas Wonogiri II sudah berjalan dan masyarakat cukup sadar. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya warga yang antusias menanyakan vaksinasi booster ke puskesmas.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Wonogiri Pakai AstraZeneca, 208.000 Lansia Disasar

Estrini menambahkan vaksinasi booster yang dilakukan di UPTD Puskesmas Wonogiri II telah berlangsung sejak kick off yang dimulai oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. “Prioritasnya untuk lansia [lanjut usia], memiliki komorbid, dan masyarakat pekerja yang rentan,” ucap dia.

Camat Wonogiri, Joko Purwidyatmo, dihubungi secara terpisah mengatakan Kecamatan Wonogiri saat ini baru mulai menjadwalkan vaksinasi booster ke desa-desa. Kecamatan Wonogiri, kata dia, sampai saat ini masih dalam proses menyelesaikan vaksin dosis 1 dan 2 untuk usia enam sampai 11 tahun.

“Kami jadwalkan mulai 12 sampai 26 Februari 2022 dan dilaksanakan setiap hari,” ujar Joko Purwidyatmo.

Baca Juga: Vaksinasi Booster di Wonogiri Menyasar Petugas Pelayanan Publik

Informasi yang dihimpun Solopos.com, terdapat delapan desa di wilayah penanganan UPTD Puskesmas Wonogiri I dan satu desa di wilayah penanganan UPTD Puskesmas Wonogiri II. Meski begitu, tambah Joko Purwidyatmo, puskesmas terkait masih melayani vaksinasi booster pada masyarakat umum yang datang langsung ke puskesmas.

Lain dengan Kecamatan Wonogiri, di Kecamatan Selogiri pelaksanaan vaksinasi booster dipusatkan di UPTD Puskesmas Selogiri. Camat Selogiri, Sigit Purwanto, mengatakan vaksinasi booster sudah dijadwalkan rutin sejak Selasa (8/2/2022).

“Masing-masing desa dan kelurahan kami pusatkan ke UPTD Puskesmas Selogiri karena letaknya relatif terjangkau, berada di tengah-tengah kecamatan,” ujar Sigit saat dihubungi Solopos.com, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga: Wonogiri Penuhi Syarat sebagai Penerima Vaksin Booster, tetapi…

Selain dipusatkan, tambahnya, vaksinasi booster juga dibarengkan dengan vaksinasi dosis 2 bagi anak usia 6 sampai 11. Dalam jadwal yang dilampirkannya melalui pesan Whatsapp, 16-21 Februari 2022 adalah waktu jatah vaksinasi dosis kedua di SD dan Balai Desa Singodutan di Kecamatan Selogiri.

Sedangkan vaksinasi booster, sudah dimulai sejak Selasa (8/2/2022), yakni jatah vaksinasi booster diperuntukkan Desa Pule, dan pada Rabu (9/2/2022) giliran Kelurahan Kaliancar.

Sementara di Kecamatan Pracimantoro tak jauh berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi booster di Kecamatan Wonogiri. Puskesmas Praci I menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi booster setiap Selasa dan Jumat.

Baca Juga: Tolak Vaksinasi, Warga Wonogiri Terancam Sanksi

“Sementara sasarannya untuk lansia dan petugas publik,” seperti dikutip dari pesan Whatsapp Camat Pracimantoro, Warsito, Rabu (9/2/2022).

Ia menambahkan, Pemerintah Kecamatan dan puskesmas juga akan melaksanakan vaksinasi booster dengan cara datang ke desa-desa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya