Vaksinasi Anak Dosis II Boyolali Dimulai, Targetkan 5.360 Sasaran

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dosis pertama di Boyolali hingga Senin ini sudah mencapai 94.514 sasaran atau sekitar 98,7 persen dari target 95.713 sasaran.

 Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, BOYOLALI — Vaksinasi Covid-19 dosis kedua untuk anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Boyolali, dimulai hari ini, Senin (17/1/2022). Program pemberian vaksin dosis kedua tersebut menyasar 5.360 anak yang tersebar di delapan kecamatan di Boyolali.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali Puji Astuti di Boyolali, Senin, menjelaskan ada 5.360 sasaran yang divaksinasi dosisi kedua dan mereka tersebar di 56 titik yang tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Boyolali.

PromosiCatatan Walhi untuk Rencana Elon Musk Berinvestasi di Indonesia

“Kegiatan vaksinasi anak ini ada yang digelar di sekolah masing-masing dan ada yang di balai desa. Namun, vaksinasi anak mayoritas digelar di sekolah masing-masing,” kata Puji Astuti.

Baca juga: Kearifan Lokal Boyolali, Kerajinan Logam Cepogo Kian Mendunia

Dia menguraikan kegiatan vaksinasi anak di 56 titik tersebut tersebar di Kecamatan Gladagsari dua titik, Mojosongo 10 titik, Simo 14 titik, Klego 16 titik, Boyolali lima titik, Musuk empat titik, Juwangi dua titik, dan Banyudono tiga titik.

Menurut Puji Astuti, kegiatan vaksinasi anak dosis pertama masih terus berlanjut dengan cara menyisir ke desa-desa atau sekolah. Dia menerangkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dosis pertama di Boyolali hingga Senin ini sudah mencapai 94.514 sasaran atau sekitar 98,7 persen dari target 95.713 sasaran.

“Anak yang belum divaksin sebanyak 1.199 sasaran atau sekitar 1,25 persen dari total target dan akan segera diselesaikan dengan cara menyisir sekolah agar segera terbentuk kekebalan komunal (herd immunity) untuk mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) yang sudah 100 persen dilaksanakan,” jelasnya.

Baca juga: Nunggak Semi Boyolali-Sukoharjo Angon Rasa ke Magelang, Ini Tujuannya

Puji menegaskan pihaknya terus menyisir hingga pelosok pedesaan untuk menjaring anak yang belum divaksinasi. Dia berharap vaksinasi dosis pertama dapat diselesaikan 100 persen pada Rabu (19/1/2022).

Kasus Terus Melandai

Lebih lanjut dia menerangkan cakupan vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Boyolali berdasarkan kartu tanda penduduk (KTP) sudah mencapai 826.541 sasaran atau sekitar 98,90 persen dari 835.772 sasaran, sedangkan dosis kedua sebanyak 671.215 sasaran atau 80,31 persen.

Sementara cakupan vaksinasi kelompok lansia dosis pertama di Boyolali mencapai 91.925 sasaran atau 77,46 persen dari target sebanyak 118.670 sasaran dan dosis kedua sebanyak 73.894 sasaran atau 62,27 persen.

Baca juga: Kearifan Lokal Boyolali, Kerajinan Logam Cepogo Kian Mendunia

Sementara itu, kasus Covid-19 di Boyolali hingga Senin ini tidak ada tambahan kasus baru dan terus melandai. Jumlah kasus aktif Covid-19 di Boyolali masih ada tiga pasien, dua dirawat di rumah sakit dan satu lainnya menjalani isolasi mandiri.

“Boyolali masuk zona risiko rendah dengan skor IKM Covid-19 pada 2,51 dan masuk kriteria PPKM level 1,” katanya.

Sumber: Antara

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tragedi Tabung Gas Bocor di Mojosongo Solo, 2 Nyawa Melayang

Dua orang meninggal dunia akibat luka bakar tersambar api dari gas bocor di lokasi industri tahu dan tempe Mojosongo, Jebres, Solo.

Ini Politikus PDIP yang Berpotensi Gantikan Sukamto di DPRD Sragen

Naniek Budhi Darmawati berpotensi jadi anggota DPRD Sragen menggantikan Sukamto yang meninggal dunia pada Rabu (18/5/2022).

BPS Wonogiri Adakan Sensus Penduduk Lanjutan, untuk Apa?

Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri mengadakan sensus penduduk lanjutan pada Mei-Juni 2022. Sensus tersebut merupakan tahapan kedua sensus penduduk 2020.

Sumeni, Mata-Mata Sragen Legendaris Penakluk Tentara Belanda

Indonesia memiliki salah satu mata-mata legendaris semasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. Sumeni salah satunya. Ia dikenal dengan kehebatannya "menaklukkan" tentara Belanda di Sragen.

1 Jam, Bupati Jekek Bicara Rentenir hingga Kemiskinan di Wonogiri

Selama lebih kurang satu jam, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek berbicara banyak soal upaya pengentasan rentenir, kaum boro, hingga pengentasan kemiskinan.

Breaking News! Jalan Solo-Semarang di Boyolali Macet, Ada Kecelakaan

Akibat kecelakaan tersebut arus lalu lintas di jalur Solo-Semarang maupun sebaliknya tersendat.

2 Jembatan di Weru Sukoharjo Diresmikan, Warga Gak Perlu Lagi Memutar

Kedua jembatan tersebut merupakan akses penghubung antarpedukuhan di Desa Krajan, Kecamatan Weru.

Terbanyak di Jawa Tengah, Segini Jumlah Masjid di Klaten

Kabupaten Klaten tercatat memiliki jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah, berapa sih?

Fantastis! Kambing Milik Peternak di Kartasura Ini Seharga 2 Ekor Sapi

Kambing boer disebut juga kambing pedaging sesungguhnya, pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini dapat mencapai berat 35 kg– 45 kg.

Kisah Mete dan Asa Turunkan Tingkat Kemiskinan di Wonogiri

Cahaya matahari masuk melalui sela-sela dinding gedhek rumah Tari di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).

Jl Menteri Supeno Manahan Solo Harus Bersih, Nasib PKL Gerobak Gimana?

Para PKL yang berjualan menggunakan gerobak di depan pintu utara Stadion Manahan, Jl Menteri Supeno, Solo, mempertanyakan nasib mereka setelah penataan selter selesai.

Ini Lokasi Syuting Film Srimulat di Solo, Ada 3 Titik!

Lokasi syuting film Srimulat: Hil dan Mustahal ternyata dilakukan di Solo dan Sukoharjo. Kira-kira di mana saja ya pengambilan gambarnya?

KKN di Rumah Kosong Klaten Tak Kalah Seram dengan KKN di Desa Penari

Selain KKN Desa Penari, cerita tentang KKN di Rumah Kosong Klaten yang viral di tahun 2022 dinilai tidak kalah seram.

Profil Lulu Group, Peritel Raksasa Asia Yang Segera Ekspansi Ke Solo

Peritel raksasa Asia dan Timur Tengah, Lulu Group International, yang segera membuka gerai di Kota Solo, telah memiliki 200 lebih cabang di 22 negara.