SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Vaksin JIBI/Harian Jogja/Reuters

Foto Ilustrasi Vaksin
JIBI/Harian Jogja/Reuters

JAKARTA-Vaksin polio yang akhir-akhir ini langka dan sulit ditemukan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) disebabkan masalah administrasi. Pemerintah Pusat telah menjamin pasokan vaksin bakal sampai di DIY hari ini, Selasa (7/5).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ini hanya karena proses administrasi saja, yang membuat pengiriman vaksin polio ke Jogja agak terlambat,” kata Tjandara Yoga Aditama, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, di Jakarta, Senin (6/5).

Tjandra menuturkan bahwa Senin, kemarin vaksin polio tersebut, sudah dikirim ke Jogja. “Menurut Ditjen Farmasi, hari ini [kemarin], sebagian vaksin polio sudah dikirim ke DI Yogyakarta. Diperkirakan besok [hari ini] sampai di sana,” ungkapnya melalui surat elektronik.

Menurut dia, kelangkaan vaksin polio Ini hanya dialamai oleh Provinsi DIY saja. Sedangkan daerah yang lain tidak ada masalah. Pasalnya Jogja menjadi pilot project
Injection Polio Vaccine (IPV), sedangkan di daerah lainnya menggunakan. Oral Polio Vaccine (OPV/tetes).

Vaksin yang disalurkan ke tubuh bayi dengan cara injeksi itu tak bisa diganti dengan vaksin biasa jenis OPV karena penggunaan dosisnya berbeda.

DIY telah bergantung pada vaksin jenis IPV sejak 2007. Sejak daerah ini meninggalkan jenis vaksin OPV yang dinilai kurang efektif penyerapannya dibanding IPV. DIY menjadi daerah satu-satunya di Indonesia yang menerapkan IPV, sebab menjadi provinsi percobaan penerapan IPV hasil kerja sama Kementerian Kesehatan dengan organisasi kesehatan dunia WHO.

Seretnya penyaluran vaksin terjadi sejak suplai vaksin dari WHO terhenti antara 2011-2012. Setelah itu, pengadaan vaksin diserahkan ke Kementerian Kesehatan.

“DIY menggunakan vaksin IPV, sedangkan daerah yang lain menggunakan OPV. Berapa jumlah persis kebutuhannya, saya tidak tidak ingat. Tapi yang jelas staf Bu Maura [Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes] hari ini [kemarin] sudah mengirimkannya ke Jogja,” ungkap Tjandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya