SOLOPOS.COM - Ilustrasi Vaksin Polio JIBI/Harian Jogja/Reuters

Ilustrasi Vaksin Polio
JIBI/Harian Jogja/Reuters

JOGJA–Vaksin polio saat ini susah didapatkan di puskesmas dan rumah sakit di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo memberlakukan pemusatan imunisasi di puskesmas. Jika sebelumnya imunisasi jenis itu dapat dilakukan di rumah sakit swasta dan beberapa pos pelayanan terpadu (Posyandu) di beberapa desa, kini hal itu susah dilakukan.

Kepala seksi Imunisasi Dinkes Kulonprogo, Baning Rahayu Jati mengatakan hal tersebut sebagai salah satu upaya agar stok vaksin polio yang masih ada saat ini tidak cepat habis.

Dia juga membeberkan, beberapa waktu lalu ada upaya permintaan dari salah satu puskesmas di Bantul untuk menggunakan stok vaksin polio yang masih tersedia. Namun Dinkes menolak dengan alasan khawatir stok yang tersedia tiba-tiba nantinya tidak mencukupi untuk imunisasi di Kulonprogo sendiri.

“Bukannya kami enggan membantu sesama instansi. Tapi kelangkaan ini bersifat menyeluruh di DIY. Sampai kapan kami pun belum tahu. Stok di sini saja terbatas masak kami malah memberikan ke daerah lain,” papar Kamis (2/5).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya