Vaksin Covid-19 Sudah Tiba, Wonogiri Dapat Jatah 7.480 Dosis
Forkompinda Wonogiri menyambut kedatangan Vaksin Sinovac Covid-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, Sabtu (23/1/2021). (Istimewa)

Solopos.com,WONOGIRI — Vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Wonogiri Sabtu (23/1/2021) petang. Vaksin yang diambil dari Semarang itu sebanyak 7.480 dosis.

Dikawal ketat polisi, vaksin itu dibawa menggunakan mobil boks Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB dan P3A) Wonogiri.

“Ini kali pertama Wonogiri mendapatkan jatah vaksin,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretaris Daerah Wonogiri, Teguh Setiyono, Sabtu.

Teguh mengatakan vaksin itu akan diprioritaskan dahulu untuk para tenaga kesehatan atau nakes. Jumlah nakes yang terdata saat ini ada 3.370 orang. Selain itu, ada sepuluh tokoh masyarakat dan Forkompinda yang juga akan mengikuti vaksinasi tahap pertama di Wonogiri.

Vakinasi di Wonogiri, kata Teguh, akan dimulai pada Selasa (26/1/2021), berbeda dengan daerah lain di Soloraya yang akan memulai vaksinasi pada Senin (25/1/2021). “Pada Senin  akan kami rapatkan siapa saja yang akan ikut vaksinasi tahap pertama. Kami berharap, vaksinasi bisa memberi rasa lega kepada masyarakat,” ungkap dia.

Ia mengatakan Pemkab Wonogiri masih menunggu kedatangan vaksin tahap berikutnya untuk didistribusikan kepada kelompok prioritas selanjutnya. Ada sekitar 730.000 warga atau sekitar 70% dari total penduduk di Wonogiri yang akan divaksin secara bertahap.

Vaksin yang datang itu disimpan di tempat khusus yang sudah disediakan Kantor Dinas Kesehatan Wonogiri. Sudah ada alat penyimpanan vaksin yang telah diperiksa BPOM. Selai itu juga akan dilakukan pengamanan dari unsur TNI-Polri.

“Kami berterima kasih kepada Kapolres dan Dandim yang telah melakukan pengawalan pengambilan vaksin hingga tiba di Wonogiri. Selain itu selama ini terus bersinergi dalam menangani Covid-19 di Wonogiri,” kata Teguh.

Dalam menyambut kedatangan vaksin, turut hadir Kepala Dinkes Wonogiri, Adhi Dharma; Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing; dan Dandim 0728/Wonogiri, Letkol Inf Imron Masyhadi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom