SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Istimewa)

Solopos.com, MOSKOW -- Rusia menjadi negara pertama yang mengklaim vaksin Covid-19. Rusia menyebut vaksin bikinannya itu dengan diberi nama Suptnik V dan segera tersedia untuk pasar asing.

Vaksin Covid-19 Disuntikkan Sekali Seumur Hidup

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Reuters, Selasa (11/8/2020), Sputnik V mengacu pada satelit pertama dunia dan apa yang dianggap Moskow sebagai kesuksesan untuk menjadi negara pertama yang menyetujui sebuah vaksin corona.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Russian Direct Investment Fund (RDIF), Kirill Dmitriev, mengatakan Rusia telah menerima permintaan dari lebih 20 negara untuk satu miliar dosis vaksin Covid-19 yang baru terdaftar tersebut.

Dmitriev menyampaikan hal itu setelah Presiden Vladimir Putin mengumumkan persetujuan untuk vaksin Covid-19. Vaksin ini kurang dari dua bulan telah melakukan uji klinis pada manusia.

Jokowi: Vaksin Anti Virus Corona Januari 2021 Siap

Kecepatan Rusia untuk meluncurkan vaksin Covid-19 terbilang cukup mengejutkan. Sejumlah ilmuwan internasional mempertanyakan apakah Moskow lebih memprioritaskan gengsi negara ketimbang keamanan kesehatan.

Terkait vaksin ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersama otoritas kesehatan Rusia sedang membahas proses kemungkinan prakualifikasi.

"Kami sedang berkoordinasi erat dengan otoritas kesehatan Rusia. Kami akan membahas mengenai kemungkinan prakualifikasi WHO atas vaksin tersebut," kata Jubir WHO, Tarik Jasarevic, di Jenewa, Selasa.

Bismillah, Bio Farma Mulai Simulasi Uji Klinis Vaksin Covid-19

"Namun sekali lagi bahwa prakualifikasi vaksin apa pun mencakup resensi. Penilaian yang ketat dari semua data keamanan dan keampuhan yang diperlukan," katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya