SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Istimewa)

Solopos.com, BERLIN – Negara-negara di dunia seolah berburu dengan waktu melawan virus corona Covid-19. Beberapa negara di dunia mulai mengumumkan kesiapan ketersediaan vaksin virus corona Covid-19. Belakangan Jerman menjadi salah satu diantaranya.

Prediksi Dokter Italia: Covid-19 Berakhir Sebelum Vaksin Ditemukan

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Vaksin untuk Covid-19 siap dilakukan tes akhir sebelum akhir tahun ini, menurut badan regulasi untuk vaksin Jerman pada Kamis (14/5/2020). Profesor Klaus Cichutek, kepala Institut Paul Ehrlich, mengatakan kepada harian Mannheimer Morgen bahwa ia berharap proyek ini segera memperoleh hasil.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya, sebuah calon vaksin sudah bisa siap paling cepat pada musim gugur untuk percobaan tahap akhir. Saat itu kemanjuran serta keamanan akan dievaluasi sebelum mengantongi persetujuan untuk digunakan oleh masyarakat.

“Jika semua uji klinis ini sukses, menjelang akhir tahun atau awal tahun depan kita dapat membahas bagaimana melanjutkan proses persetujuan,” katanya.

Prediksi WHO: Tidak Ada Vaksin Virus Corona Sampai Akhir 2021

Pada April, perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech, mulai melakukan uji coba potensi vaksin COVID-19 pada manusia setelah menerima kewenangan dari Institut Paul Ehrlich. Profesor Cichutek menyebutkan tiga pusat riset lainnya di Jerman juga diharapkan segera memulai uji coba klinis untuk calon vaksin mereka.

Para ilmuwan dan peneliti di seluruh dunia berlomba-lomba menemukan vaksin untuk virus corona, yang muncul di China pada Desember lalu dan telah menginfeksi hampir 4,38 juta orang secara global serta menelan lebih dari 298.000 korban jiwa.

Positif Covid-19 Madiun Meroket Jadi 21, Penularan Lokal dari Santri Temboro

Sambil menunggu vaksin ditemukan, para ahli mengobati pasien dengan obat antimalaria, termasuk hydroxychloroquine dan chloroquine, yang telah menunjukkan hasil positif untuk pengobatan penyakit paru-paru terkait Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya