SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi (freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Indonesia sedang menggencarkan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dengan tujuan membentuk kekebalan komunal atau herd immunity. Tetapi apakah suntikan vaksin membuat tubuh aman dari Covid-19?

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021), tidak ada satupun merek vaksin yang meemberikan jaminan proteksi 100%. Sampai saat ini belum semua vaksin memiliki penelitian efektivitas terhadap varian baru virus corona.

Promosi Wow! 99% Total Transaksi BRI Dilakukan Secara Digital

Baca juga: 10 Bocah Merusak Makam di Mojo Solo, Ini Penjelasan Sekolah

Dengan demikian orang yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 tidak benar-benar aman, melainkan tetap berpotensi terpapar virus corona. Namun, potensi kerusakan akibat infeksi virus tersebut bisa diminalisasi dengan proteksi dari vaksin.

Vaksinasi ini dimaksudkan agar tubuh mengenali jenis infeksi virus dan membentuk sistem kekebalan alami, sehingga tidak mengalami gejala parah saat terinfeksi.

Baca juga:  Beda dengan Solo, Gurihnya Serabi Khas Blora Kaya Rasa Kelapa

Mengingat vaksin bukanlah satu-satunya alat yang mampu melindungi tubuh dari infeksi virus, maka protokol kesehatan tetap harus diterapkan dengan ketat. Mulai dari rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, memakai masker, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas, dan menjaga jarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya