SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang masih menunggu arahan dari KPU provinsi dan KPU pusat terkait Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang 2015.

“Baru ada satu surat dari KPU pusat kepada KPU provinsi dan kabupaten/kota, yakni nomor 1600/KPU/X/2014 yang kami terima,” kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono seperti dikutip Antara, Senin (13/10/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia menjelaskan surat dari KPU RI itu menginstruksikan penundaan pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah sehingga KPU Kota Semarang sementara ini menghentikan tahapan-tahapan yang dilakukan.

Seharusnya, kata dia, tahapannya sudah memasuki penyerahan DP4 (daftar penduduk potensial pemilih pemilu) dan perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

“Pada 5 Oktober lalu seharusnya sudah ada penyerahan DP4 dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Namun, karena ada penundaan ya belum jadi diserahkan ke kami,” ungkapnya.

Kalau untuk perekrutan PPK dan PPS, kata dia, termasuk tahapan yang membutuhkan banyak anggaran sehingga terpaksa ditunda, sembari menunggu petunjuk lebih lanjut dari KPU pusat.

“Sampai saat ini, kami masih menunggu surat lanjutan dari KPU pusat. Sementara ini, ya, tahapannya ditunda dulu. Apalagi, untuk tahapan-tahapan yang berimplikasi pada anggaran,” kata Henry.

Sebelumnya, KPU RI mengeluarkan surat edaran (SE) resmi tentang penundaan pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pilkada yang ditujukan bagi KPU Jawa Tengah dan KPU kabupaten/kota di wilayah setempat.

KPU Jateng masih menunggu selesainya seluruh proses terkait rencana pengaplikasian Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1/2014 tentang Pilkada Langsung sebelum melanjutkan tahapan yang tertunda.

“Kami tetap menunggu seluruh proses agar perppu itu nanti bisa diaplikasikan oleh KPU kabupaten/kota terkait pelaksanaan pilkada di 17 daerah pada 2015,” kata Ketua KPU Jateng Joko Purnomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya