SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN). (JIBI/Antara/Syaiful Arif)

Trend teknologi multimedia berbasis virtual reality mulai berkembang

 
Harianjogja.com, JOGJA– Trend teknologi multimedia berbasis virtual reality mulai berkembang. Teknologi ini jika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran akan sangat efisien dan penting guna menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang kompeten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berawal dari pemikiran tersebut, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) merancang sebuah sistem pembelajaran berbasis teknologi virtual dan augmented reality dengan virtualisasi 3D yang menarik. Teknologi ini digunakan dalam media pembelajaran bagi guru dan siswa.

Tim dari kampus yang dikoordinasi Joko Sutopo dan Adnan Zaid dari Universitas Teknologi Yogyakarta menggandeng kerjasama dengan SMK YPKK 1 Sleman dan SMK Sulaiman Sleman.

Dua sekolah tersebut dipilih karena masih minimnya media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang pendidikan yang berkualitas. Mereka belum bisa melakukan kombinasi pembelajaran dengan memanfaatkan virtual dan augmented reality untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Beberapa kesulitan yang dihadapi pengelola sekolah dan siswa dalam pembelajaran di dua sekolah tersebut meliputi kurangnya keterampilan guru dan siswa di dalam menguasai teknologi.

Atas dasar itulah, UTY menawarkan solusi sistem pembelajaran efisien dengan mengembangkan teknologi virtual dan augmented reality dengan virtualisasi tampilan yang sangat menarik.

Teknologi ini digunakan dalam media pembelajaran bagi guru dan siswa. Dengan adanya teknologi ini, proses pembelajaran dapat berjalan lebih efisien, karena guru dapat lebih efisien dalam penyampaian objek pembelajaran serta siswa dapat dengan mudah menerima apa yang sedang dipelajari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya