SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WASHINGTON: Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) James Steinberg menuju Asia untuk pembicaraan mengenai masalah regional dan lainnya, termasuk krisis menyangkut Korea Utara.

Departemen Luar Negeri AS Kamis (28/5) mengatakan, Steinberg akan berada di Singapura Jumat untuk dialog, bergabung dengan Menteri Pertahanan AS Robert Gates dalam peristiwa perdana yang membahas kecenderungan keamanan di Asia timur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Menlu tersebut juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan para pejabat Singapura dan kemudian akan melakukan perjalanan ke Tokyo, Minggu, tempat ia akan berada hingga Selasa. Kedatangannya ke Tokyo itu untuk konsultasi dengan para pejabat senior Jepang mengenai serangkaian masalah bilateral, regional dan internasional.

Jepang adalah mitra dalam pembicaraan enam-pihak yang ditujukan untuk membongkar senjata nuklir Korea Utara. Pembicaraan itu juga mencakup kedua Korea, AS, Rusia dan China.

Juru bicara Deplu AS Ian Kelly memperkirakan krisis mengenai Korea Utara akan dibicarakan, meskipun perjalanannya bukan merupakan tanggapan langsung pada uji coba senjata nuklir Korea Utara yang dilakukan Senin.

Namun ia menambahkan, seluruh masyarakat internasional sangat banyak terlibat dalam masalah Korea Utara sehubungan pelanggaran Korut pada komitmen internasional dan tantangan pada hukum internasional. (JIBI/Bisnis.com/Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya