UTBK Gelombang II Digelar 11 Mei, Jangan Lupa Bawa Persyaratan
Ilustrasi ujian tulis berbasis kertas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). (Antara-/M. Agung Rajasa)

Solopos.com, SOLO — Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 gelombang II bakal digelar 11 Mei. Peserta diminta tidak lupa membawa persyaratan.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) juga mengimbau peserta memerhatikan jadwal, lokasi tes, maupun syarat pendamping. Ketua LTMPT, Ravik Karsidi, mengatakan pelaksanaan gelombang I UTBK pada masing-masing pusat UTBK berjalan baik dan lancar.

Namun, memang masih banyak peserta UTBK lulusan 2017 dan 2018 yang tidak membawa ijazah sebagai syarat mengikuti tes tersebut. “Beberapa peserta UTBK gelombang I tidak melampirkan pas foto terbaru pada surat keterangan duduk di kelas XII. Mereka juga tidak membawa dokumen identitas diri serta kartu peserta. Saya harap [kali ini] peserta tidak lupa membawa kelengkapan seperti kartu tanda ujian, lembar fotokopi ijazah bagi angkatan 2017 dan 2018, atau surat keterangan kelas XII asli yang ditandatangani kepala sekolah. Isi surat keterangan itu adalah nama siswa, NISN, NPSN, dan pasfoto terbaru,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon, Selasa (7/5/2019).

Tes untuk pendaftar gelombang II dimulai 11–26 Mei. “UTBK gelombang II digelar pada 11 Mei, 12 Mei, 18 Mei, 25 Mei, dan 26 Mei. Seperti gelombang I, UTBK gelombang II juga digelar dua sesi dalam satu hari yaitu pagi dan siang. Siswa bisa memilih tanggal tes UTBK,” ujar dia.

Contoh soal UTBK dapat diakses melalui laman resmi LTMPT. “Caranya login ke laman http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id. Peserta yang telah mendaftar dapat masuk dalam laman tersebut dengan memasukkan kombinasi email dan password. Pilih menu UTBK dan pilih Riwayat UTBK,” ujar dia.

Ravik mengatakan siswa yang ingin mengunduh contoh soal UTBK SBMPTN diimbau menggunakan komputer atau laptop. “Selain contoh soal UTBK, peserta juga dapat mengunduh kartu peserta dan tata tertib pelaksanaan UTBK,” jelas dia.

UTBK SBMPTN 2019 terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian. “TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah,” jelas dia.
Peserta UTBK diminta memerhatikan jadwal dan lokasi tes. “Tes UTBK SBMPTN 2019 bakal dibagi dalam sesi pagi yang dimulai pukul 07.30 WIB dan sesi siang yang dimulai pukul 12.30 WIB.”

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengatakan hasil UTBK sesi 27 dan 28 April 2019 diumumkan Selasa di situs https://pengumuman-utbk-2.ltmpt.ac.id/pukul 17.00 WIB. Budi menyatakan jumlah peserta ujian pada 27-28 April tersebut merupakan yang terbanyak selama UTBK 2019 gelombang I.

“Peserta UTBK yang ikut tes pada 27 April tercatat sebanyak 143.993 orang dan yang ikut tes pada 28 April sebanyak 136.645 orang,” ujar dia.

Hasil tes UTBK dapat digunakan peserta untuk memenuhi syarat mendaftar SBMPTN yang mulai dibuka pada 10-24 Juni mendatang. “Para peserta difabel netra akan mengikuti UTBK dengan fasilitas screen reader [pembaca layar] yang dikembangkan tim LTMPT,” kata dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom