SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah (JIBI/Bisnis)

Utang tanah UIN Jogja mendongkrak harga tanah sekitar.

Harianjogja.com, BANTUL– Harga tanah di Guwosari, Pajangan, Bantul melambung hingga 20 kali lipat setelah tersiar kabar pembangunan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Spekulan tanah mulai beraksi.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

(Baca Juga : UTANG TANAH UIN JOGJA : Warga Guwosari Tuntut UIN Lunasi Tanah Rp250 Miliar)

Kenaikan harga tanah di Desa Guwosari, Pajangan diungkapkan sejumlah warga setempat. Karsono, warga Dusun Kembang Putihan mengungkapkan, harga per meter tanah di Guwosari kini menembus Rp1 juta. Harga tanah naik hingga 20 kali lipat.

“Padahal 2012 lalu per meter hanya Rp50.000,” ungkap Karsono pekan lalu. Tanah di Guwosari mulanya tidak banyak dilirik karena berada di posisi perbukitan dan jauh dari pusat kota.

Setelah tersiar kabar tanah seluas 74 hektare dibeli UIN Sunan Kalijaga untuk didirikan kampus, harga tanah di sekitarnya langsung melonjak. Menurut Karsono banyak warga dari luar berdatangan menanyakan apakah ada tanah yang dijual di daerah ini. Sebagian warga kata dia memilih menahan tanahnya dijual menunggu waktu berlalu agar harga semakin mahal.

“Makin ke depan kan harganya semakin mahal,” imbuhnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya