Utang Luar Negeri Indonesia Naik Terus Hingga 36,5% PDB, Amankah?

 Demonstran anti pengetatan keuangan Yunani membakar selembar uang euro di luar Kantor Perwakilan Uni Eropa, Athena, Yunani, Minggu (18/6/2015). (JIBI/Solopos/Reuters/Alkis Konstantinidis)

SOLOPOS.COM - Demonstran anti pengetatan keuangan Yunani membakar selembar uang euro di luar Kantor Perwakilan Uni Eropa, Athena, Yunani, Minggu (18/6/2015). (JIBI/Solopos/Reuters/Alkis Konstantinidis)

Utang luar negeri Indonesia terus naik hingga mencapai 36,5% dari PDB.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah diminta untuk waspada terhadap peningkatan utang karena ekonomi domestik yang belum membaik. Bank Indonesia melaporkan utang luar negeri Indonesia pada akhir kuartal I/2016 tercatat tumbuh 5,7% menjadi US$316,0 miliar.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Perkembangan nilai utang itu mengukuhkan rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) pada akhir kuartal I/2016 sebesar 36,5% atau meningkat dari kuartal sebelumnya sebesar 36,0%.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listianto mengatakan rasio utang luar negeri terhadap PDB sebesar 36,5% pada kuartal I/2016 masih aman. Penilaian itu jika menggunakan acuan utang negara berkembang yang dibatasi sampai 60%.

Namun, hal itu masih rancu karena faktor pembentuk PDB dalam negeri bukan dari sektor yang banyak menyerap tenaga kerja. Menurutnya, sektor industri dan pertanian masih rendah kontribusinya terhadap PDB. Sementara sektor properti, jasa, dan komunikasi cenderung mendominasi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Sementara itu, surplus ekspor turun sedangkan utang naik bisa jadi tidak cukup aman. Terlebih, cadangan devisa memang aman karena portofolio yang masuk,” katanya, di Jakarta, Selasa (17/5/2016).

Utang luar negeri juga masih didominasi oleh utang sektor swasta yang pada kuartal I/2016 tercatat US$164,7 miliar atau turun 1% dari kuartal sebelumnya yang tumbuh 2,3%. Utang luar negeri pada sektor publik meningkat 14,0% menjadi US$151,3 miliar.

Meningkatnya utang luar negeri sektor publik di kuartal I/2016 ini menunjukkan pemerintah gencar mengambil utang di awal-awal tahun mengingat sejunlah negara masih menggunakan acuan suku bunga rendah hingga mencapai negatif.

“Lebih disebabkan yang punya duit banyak di Eropa dan Jepang menggunakan suku bunga negatif sehingga dana luar negeri cenderung lebih murah,” ucapnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tetapkan Ferdy Sambo Tersangka, Kapolri Dinilai Telah Lulus Ujian

      Hendardi menyadari pilihan Kapolri tersebut tidak mudah lantaran Ferdy Sambo pasti punya posisi kuat di Polri.

      Siswa SD Dibunuh Paman saat Belajar di Kelas

      Seorang siswa SD berinisial S, 10, meninggal dunia setelah ditikam dengan pisau oleh pamannya sendiri.

      Jelang Persis Vs Persita, Ryo dan Rodriguez Latihan Keras di Banyuanyar

      Ryo Matsumura adalah pemain asal Negeri Sakura yang pernah merumput di Liga Thailand pada 2019.

      APG Bukan Hajatan Biasa

      Di balik aksi gigih dan gagah para atlet disabilitas berkompetisi untuk menjadi yang terbaik (baca: juara) di 14 cabang olahraga yang digelar, terdapat berbagai nilai-nilai besar yang akan diresonansikan ke masyarakat lokal, nasional, regional, maupun global. Nilai-nilai humanis dan aneka pesan moral berenergi dengan paradigma development of sport, sekaligus development trough sport. Hal itulah yang menjadi alasan utama mengapa APG bukan sebuah hajatan biasa.

      Kesetiaan yang Tersakiti dalam Lagu Teteg Ati Versi Damara De

      Lirik lagu Teteg Ati versi Damara DE telah diunggah sejak 26 Juli 2022 di Youtube dan sudah ditonton lebih dari 1,7 juta kali.

      Bakal Ada Razia Pembuang Sampah Sembarangan di Solo, Sanksinya Berat Lo

      DLH bersama Satpol PP Solo tengah menyusun rencana razia pembuang sampah sembarangan di Kota Bengawan khususnya di Jl Slamet Riyadi.

      Suporter Geruduk Latihan Persis Solo, Ada Apa?

      Surakartans dan sejumlah kelompok pendukung Persis Solo menggeruduk lokasi latihan Persis Solo, di Lapangan Banyuanyar, Solo, Selasa (9/8/2022) sore.

      Termahal Ketiga di Zlate Moravce, Segini Harga Egy Maulana Vikri

      Di Liga Slowakia tersebut Egy akan bertemu dengan rekan senegaranya, Witan Sulaeman, yang juga berlabuh ke salah satu klub setempat yaitu AS Trencin dengan durasi 2 tahun.

      Begini Kiat agar Anak Siap Hadapi Tantangan Masa Depan

      Orang tua perlu mempersiapkan agar anak siap menghadapi tantangan di masa depan.

      BMKG: Perubahan Iklim di Indonesia Berada Pada Kondisi Kritis

      Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan perubahan iklim di Indonesia pada batas kondisi kritis.

      Jejak Ferdy Sambo, Akhir Karier Pelopor Kaus Turn Back Crime

      Bersama sang atasan, Dirreskrimum Polda Metro Jaya Krisna Murti, Ferdy Sambo mempopulerkan kaus bertuliskan Turn Back Crime. 

      Arti Mimpi Berada di Taman Hiburan, Pertanda Baik?

      Berikut ini sejumlah arti mimpi terkait taman hiburan.

      Dukung Konser Dream Theater di Solo, PLN Berikan Layanan Istimewa

      PT PLN (Persero) memberikan dukungan penuh dan layanan istimewa untuk kelancaran konser Dream Theater di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022).

      Kasus Pemaksaan Jilbab, Pemda DIY Bakal Temukan Guru & Ortu Siswi

      Pemda DI Yogyakarta bakal temukan orang tua siswi dengan pihak sekolah terkait kasus pemaksaan berjilbab di SMAN 1 Banguntapan.

      Mengenal Kamaz, Truk Legenda Asal Rusia Peserta Reli Paris-Dakar

      Truk Kamaz bisa dibeli di Indonesia, distributornya yaitu PT Pusaka Bumi Tranpsortasi yang juga merupakan bagian dari Blue Bird Group.

      Sedih! Sepanjang 2022, Sudah 2 Anak Pengidap AIDS di Kudus Meninggal

      Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Kudus mencatat sudah ada 2 anak penderita AIDS di wilayahnya yang meninggal dunia sepanjang 2022.