SOLOPOS.COM - Uswah Hayeeteh (FOTO: Istimewa)

Uswah Hayeeteh (FOTO: Istimewa)

Menimba ilmu di negeri orang memang tak semudah di negara sendiri. Perlu adanya tekat besar demi meraih sebuah cita-cita yang diimpikannya. Hal tersebut merupakan gambaran dari sebuah perjalanan menggapai mimpi dari Uswah Hayeeteh, mahasiswi asal Thailand yang menimba ilmu di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Awal tinggal di Indonesia, mahasiswi Kedokteran Gigi ini sempat mengalami kesulitan beradaptasi, terutama pada makanan dan bahasa. Makanan di Indonesia banyak yang bersantan sehingga dia harus pilih-pilih. “Seperti tahu tempe, kami masih merasa asing,” katanya, Rabu (1/8).

Ekspedisi Mudik 2024

Mengatasi hambatan makanan, biasanya dia dan teman-temannya yang juga asal Thailand, memasak sendiri dengan membeli perlengkapan di pasar. Dengan keterbatasan bahasa, Uswah biasanya hanya menggunakan bahasa isyarat untuk menunjukkan benda mana yang akan dibeli. “Tanpa menawar,” ujarnya.

Di kampus, Uswah mengaku kesulitan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Komunikasinya dengan mahasiswa lain terpaksa menggunakan bahasa isyarat. Saat belajar di kelas, dia juga masih bingung dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dosen. “Kalau menangkap [materi] bisa tapi menjawab enggak bisa,” ungkapnya dalam bahasa Indonesia bercampur bahasa Melayu.

Untuk mengatasi ketidakpahaman materi itu, biasanya dia mencari artinya menggunakan Google Translate. Hal sama juga dia lakukan ketika belajar kelompok bersama teman-teman mahasiswa Indonesia.

Setelah dua tahun tinggal di Indonesia, Uswah bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, meski masih bercampur dengan bahasa Melayu. Dulu, dia bergaul dengan teman di kampus hanya mengenal nama. Kini, hubungan mereka sudah dekat. Dia juga tidak lagi kesulitan menawar ketika berbelanja di pasar. “Sekarang sudah bisa, jadi lebih baik dari dulu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya