Tutup Iklan

Usulkan Hari Libur Bagi Muslim, Mendagri Jerman Diprotes

Usulkan Hari Libur Bagi Muslim, Mendagri Jerman Diprotes

SOLOPOS.COM - Thomas de Maiziere (Reuters.com)

Mendagri Jerman diprotes seusai mengusulkan hari libur bagi muslim.

Solopos.com, SOLO – Menteri Dalam Negeri Jerman, Thomas de Maiziere, mendapat kritikan seusai mengusulkan hari besar agama Islam sebagai hari libur. Gagasan itu muncul lantaran saat ini sekitar 4,5 persen dari 80 juta penduduk Jerman merupakan muslim.

“Mengapa kita tidak memberikan mereka [muslim] libur pada hari besar kegamaan. Di daerah yang mayoritas berpenduduk Katolik, kita merayakan hari besar keagamaan dengan tenang. Semua orang mendapatkan libur pada hari penting itu. Lantas, mengapa hal itu tidak diberlakukan bagi muslim?” kata Thomas de Maziere seperti dikutip dari Aljazeera, Selasa (17/10/2017).

Usulan Thomas yang dilontarkan dalam kampanye Partai Demokrat Kristen (CDU) di Lower Saxony, Jerman, mendapat respos yang kurang baik. Ketua CDU di Lower Saxony, Bern Althusmann, menolak usulan tersebut. Dia agaknya khawator usulan itu berdampak negatif pada hasil pemilu.

“Saya rasa diskusi tentang hari libur kegamaan tidak tepat dilakukan selama masa kampanye. Saya rasa selama ini tidak ada masalah dengan hari libur. Jadi, kenapa harus mengubah tradisi yang sudah berjalan sekian lama?” terangnya Althusmann.

Saat ini, Jerman merupakan rumah bagi 4,4 juta muslim yang kebanyakan merupakan keturunan Turki. Namun, usulan Thomas dianggap tidak penting dan hanya akan membuat kontroversi. “Warisan busaya Kristen Jerman tidak bisa diganggu gugat. Bagi kami, pemberlakuan hari libur muslim adalah sesuatu yang mustahil,” kata politisi senior Partai Kristen Sosialis (CSU), Alexander Dobrint, seperti dikutip dari Washington Post.

Penolakan gagasan Thomas sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, sebanyak 16 wilayah di Jerman memiliki tanggung jawab mengatur hari libur masing-masing. Sehingga, usulan Thomas dianggap tidak penting. 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.

Memanas! Rusia Peringatkan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Kapal militer Rusia dilaporkan melepaskan tembakan peringatan ke arah sebuah kapal Perang Angkatan Laut Inggris di Laut Hitam.