SOLOPOS.COM - Para pengurus dan anggota Asparta menyerahkan aspirasi dukungan mereka terhadap Ganjar Pranowo sebagai capres 2024, kepada Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Pucangsawit, Jebres, Minggu (9/1/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Sekitar 100 juru parkir (jukir) dan pengelola parkir Kota Solo yang tergabung dalam Asosiasi Parkir Kota Surakarta (Asparta) menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Dukungan itu disampaikan dengan menggeruduk Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, Minggu (9/1/2022) siang. Mereka mendatangi Rumah Rudy di Pucangsawit, Jebres, untuk menyampaikan aspirasi terkait figur calon presiden (capres) pilihan mereka yaitu Ganjar Pranowo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Aksi diawali para jukir dengan berjalan kaki dari Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bakti Solo ke rumah Rudy yang dijadikan kantor sementara DPC PDIP Solo. Sesampai di lokasi sekitar pukul 10.35 WIB rombongan jukir dan pengelola parkir Solo disambut langsung Rudy yang memakai seragam PDIP.

Baca Juga: Temui Rudy, Forum Ini Titip Surat Dukungan Ganjar Pranowo Capres 2024

Selanjutnya para jukir dan pengelola parkir itu berbaris dan menyampaikan aspirasi dan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 di hadapan Rudy. Jajaran pengurus DPC PDIP Solo tak terlihat.

Surat aspirasi mereka dibacakan oleh Sekretaris Asparta Joko Sri Widodo dan diserahkan langsung kepada Rudy. “Kami yang tergabung dalam Asparta menyampaikan kepada DPC PDIP Solo bahwa dalam Pemilihan Presiden tahun 2024 kami menyatakan mendukung Pak Ganjar Pranowo untuk jadi Presiden 2024-2029,” ujarnya.

Sepak Terjang Ganjar

Joko berharap surat aspirasi yang disampaikan Asparta bisa diteruskan kepada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Penuturan senada disampaikan Bendahara Asparta, Atut Susilo, saat diwawancara sebelum acara.

Baca Juga: Kunjungi Terminal Tirtonadi Solo, Menhub Budi Karya: Luar Biasa!

Menurut Atut, aksi sebagian jukir dan pengelola parkir Asparta siang itu mewakili para jukir di Kota Bengawan. Ihwal alasan mengusulkan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 kepada DPC PDIP Solo, menurut Atut, karena sosok dan sepak terjang Gubernur Jateng itu selama ini.

“Rekan-rekan sudah melihat jauh selama Pak Ganjar memimpin Jateng, kiprahnya begitu besar dalam memperhatikan wong cilik, karya-karya dan prestasi-prestasi Pak Ganjar,” urainya.

Menurut Atut, sosok Ganjar juga dinilai mempunyai chemistry dengan tokoh-tokoh nasional yang ada. “Rekan-rekan melihat ada chemistry, sehingga [Ganjar dinilai] sebagai sosok yang diidamkan sebagai penerus Pak Jokowi. Karena Pak Ganjar ini juga benar-benar dari bawah, harapannya kebijakannya dirasakan kawan-kawan,” katanya.

Baca Juga: Wayang Orang Sriwedari Solo Jadi Penjaga Asa di Tanah Sengketa

Atut juga berharap aspirasi dari Asparta kepada DPC PDIP Solo bisa diikuti oleh elemen-elemen masyarakat lainnya di Solo. Sehingga, lanjutnya, pimpinan DPP PDIP bisa memperhatikan aspirasi yang masuk tersebut.

Pelaporan ke KPK

Disinggung dilaporkannya Ganjar Pranowo ke KPK terkait kasus KTP elektronik, Atut meyakini politikus PDIP itu tidak terlibat. Justru ia menuding pelaporan tersebut sarat dengan kepentingan politis.

“Perasaan saya itu penuh dengan muatan politis. Karena perjalanan Pak Ganjar kan makin dekat di 2024. Jika Pak Ganjar betul-betul terlibat saya kira sudah diproses sejak dulu-dulu. Kenapa baru sekarang [dilaporkan]. Itu kan kasus sudah lama ketika Pak Ganjar di DPR RI,” ujarnya.

Baca Juga: Tanggapi Dingin Pelaporan Dia ke KPK, Ganjar: Ra Ngerti Sing Dilaporke

Sedangkan Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengapresiasi penyampaian aspirasi yang dilakukan Asparta yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. “Ini langkah yang perlu saya acungi jempol, langkah yang luar biasa, menyampaikan aspirasi kepada induk organisasi. Aspirasi yang disampaikan tentu segera kami sampaikan kepada ketum, DPP dan DPD,” katanya.

Dengan adanya penyampaian aspirasi tersebut, Rudy berharap menjadi pertimbangan partai dalam menentukan rekomendasi capres 2024. “Semoga aspirasi ini nanti diikuti teman-teman yang lain. Tidak hanya di Solo, tapi mungkin di seluruh Indonesia, aspirasinya bisa disampaikan seperti ini,” sambung Rudy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya