Usulan Ketua MPR: Sepeda Motor Boleh Masuk Jalan Tol
Bambang Soesatyo (Antara-Fikri Yusuf)

Solopos.com, JAKARTA - Selama ini, jalan tol dikhususkan untuk kendaraan beroda empat atau lebih. Namun kini, muncul usulan agar jalan itu bisa dilewati oleh pengendara sepeda motor atau kendaraan roda dua.

Usulan itu disampaikan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo atau yang biasa dikenal dengan Bamsoet. Dia menyampaikan usulan tersebut dihadapan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, saat acara Riding Kebangsaan Empat Pilar di halaman Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2020).

PKL di Gang RSUD Dr. Moewardi Solo Segera Digusur, Ini Tanggapan Manajemen

"Mereka [pengguna sepeda motor] juga membayar pajak dan ikut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur," kata Bamsoet dalam pidatonya seperti dikutip dari Suara.com.

"Harus kita ingat, dalam setiap gumpalan aspal yang keluar dari knalpot-knalpot rider, ada tetesan yang penuh keringat para bikers atau pengendara roda dua. Maka sudah sepatutnya para pengendara roda dua mendapat hak-hak yang sama sebagai pengguna jalan," imbuhnya.

"Dalam rangka pemikiran tersebut, dari podium ini saya ingin merujuk mengenai penggunaan dan fasilitas penggunaan jalan tol bagi pengendara roda dua atau bikers," lanjut pria 57 tahun tersebut.

Jatuh dari Ontel di Timur Pasar Gawok, Pria Tua Singopuran Sukoharjo Meninggal

Bamsoet memaparkan usulannya kali ini sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Dia mengacu pada Pasal 38 Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2009 yang menyebutkan jalan tol bisa dilengkapi jalur khusus untuk kendaraan roda dua. Nantinya, jalur itu terpisah dengan jalur yang biasanya digunakan oleh kendaraan roda empat atau lebih.

“Jadi kami menuntut hak yang sama mengunakan jalan tol karena kita sama-sama membayar pajak," ujar Bamsoet.

Warga Pindah, Pasar Pahingan Peninggalan Belanda di Wonogiri Mati

Lebih lanjut, Bamsoet menuturkan para pekerja commuter yang tinggal di kota-kota satelit ibu lota butuh perhatian lebih dalam akses masuk ke Jakarta untuk berangkat dan pulang kerja. Sebab, selama ini ia menilai pengendara motor yang setiap hari bolak-balik dari dan ke Jakarta rawan terhadap kecelakaan lalu lintas.

"Untuk itu dari gedung parlemen mendorong pemerintah untuk mendorong pengelola jalan tol untuk membangun jalur khusus roda dua," katanya.

"Ini penting bagi rakyat kita yang baru mampu membeli rumah sederhana di Bogor, di Cibinong, Cibubur, Depok dan sekitarnya, Bekasi, karawang dan sekitarnya, Banten, Tangerang tidak perlu mengontrak dan bertarung nyawa di jalan raya yang crowded dan semrawut untuk bekerja di Jakarta.”

Sumber: Suara.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

SOLOPOS TV



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho