Ustaz Ahmad Sukina, Ulama Kharismatik Sukses Pimpin MTA Sejak 1992
Ahmad Sukina (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Pimpinan Majlis Tafsir Alquran atau MTA pusat, Ustaz Ahmad Sukina, wafat, Kamis (25/2/2021). Jenazahnya dimakamkan di Pemakaman Muslim Kaliboto, Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah.

Semasa hidupnya, Ustaz Ahmad Sukina dikenal sebagai pendakwah yang santun merangkul semua kalangan masyarakat, sehingga dihormati sebagai pimpinan MTA yang kharismatik.

Dihimpun dari berbagai sumber, MTA merupakan yayasan yang bergerak di bidang dakwah Islam, sosial, dan pendidikan yang berkantor pusat di Solo, Jawa Tengah. MTA didirikan oleh Ustaz Abdullah Thufail Saputra di Solo pada 19 September 1972.

Baca juga: Pemakaman Pimpinan MTA Ahmad Sukina Dibanjiri Para Pelayat

MTA didirikan untuk mengajak umat Islam kembali ke Alquran dan hadis dengan kegiatan utama berupa pengajian. Dikutip dari situs Kemenag.go.id, Ustaz Ahmad Sukina menjabat sebagai Ketua Umum MTA pada 1992 setelah Ustaz Abdullah Thufail Wafat pada 15 September 1992.

Dia memimpin MTA sekitar 20 tahun yang berkembang pesat di Nusantara. Sampai saat ini tercatat ada 132 perwakilan dan 471 cabang MTA yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Pada 31 Oktober 2003 lalu harian Kompas memberitakan Ustaz Ahmad Sukina selaku Ketua Umum MTA memberangkat 4.000 dai ke seluruh wilayah Indonesia, untuk meingkatkan rutinitas kegiataan keagamaan.

Baca juga: Puting Beliung Kembar Muncul di Sragen

Radio MTA

Ustaz Ahmad Sukina dikenal sebagai sosok ulama yang kharismatik. Pengajian Ahad pagi yang digelar di kantor pusat MTA di Mangkunegaran Solo selalu dipadati jemaah dari berbagai wilayah. Para jemaah sengaja datang untuk mendengarkan atau bahkan berinteraksi langsung dengan sang ustaz.

Sampai saat ini beberapa rekaman ceramah Ustaz Sukina masih sering diputar di radio MTA FM. Hal ini menjadi salah satu strategi dakwah MTA di masa kepemimpinan Ustaz Ahmad Sukina.

Skripsi Annovika Wahidun Akbar dari UMS Surakarta pada 2019 lalu mengulas soal strategi komunikasi dakwah MTA melalui radio MTA FM. Sejak awal MTA FM mengudara mendapatkan antusias yang signifikan dari pendengar. Dengan menyajikan program-program yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, siaran radio MTA FM mendapatkan tempat di hati para pendengarnya.

Baca juga: Pelayat Salatkan Jenazah Ahmad Sukina di Kawasan Kantor Pusat MTA Solo

Meski ada beberapa yang awalnya benci, tidak sedikit pendengar radio MTA FM tertarik untuk mendengarkan siaran secara utuh, diikuti dengan bergabung dalam pengajian yang diadakan rutin setiap Ahad di daerah-daerah maupun Gedung Pusat MTA di Solo.

Radio MTA FM menghadirkan program-program yang dapat di nikmati oleh pendengar yang berasal dari berbagai kalangan usia, pekerjaan, dan latar belakang pendidikan; Pesan-pesan dakwah yang dikemas sesuai dengan tema yang diusung dalam berbagai program acara, ILM (Iklan Layanan Masyarakat), maupun iklan komersial menciptakan kenyamanan kepada para pendengar; didukung dengan penyiar yang memiliki bakat dan kompetensi dalam bidangnya dan narasumber yang sudah dipilih sesuai dengan kemampuan masing-masing menjadi daya tarik pendengar.

Baca juga: Begini Strategi Petani Porang di Wonogiri Agar Harga Jual Tinggi

Dekat dengan Pejabat

Ahmad Sukina juga diketahui dekat dengan beberapa pejabat di Indonesia seperti Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng.

Andi Malarangeng pernah menghadiri Deklarasi Pemuda MTA di Stadion Manahan Solo pada 7 Oktober 2012. Sementara Presiden Jokowi menjadi salah satu tamu undangan di pesta pernikahan putra Ustaz Ahmad Sukina di Lor In Hotel Solo, 6 Oktober 2018 lalu.

Baca juga: Kabar Duka : Pimpinan MTA Ahmad Sukina Tutup Usia

Sementara pada 23 Desember 2018, PRabowo Subianto berkunjung ke Gedung Pusat MTA Solo untuk berpidato di depan ribuan jemaah. Semua tamu tersebut disambut hangat oleh Ustaz Ahmad Sukina dan jemaah MTA.

Meski demikian, MTA merupakan organisasi indenden yang tidak berkaitan dengan organisasi massa dan partai politik mana pun.

Kini, sosok ulama kharismatik tersebut telah wafat. Ustaz Ahmad Sukina mengembuskan napas terakhir di RSUD dr Moewardi Solo, Kamis (25/2/2021) pagi pukul 03.47 WIB karena sakit. Selamat jalan ustaz....



Berita Terkini Lainnya








Kolom