Uskup Agung Semarang Monsinyur Robertus Rubiyatmoko. (Antara-Komisi Komsos KAS)

Solopos.com, MAGELANG — Uskup Agung Semarang Monsinyur Robertus Rubiyatmoko menyampaikan ucapan selamat berlebaran kepada umat Islam di Indonesia. Dia berharap perayaan Hari Idulfitri 1440 H ini mendatangkan rahmat Tuhan dan menyatukan umat manusia.

"Saudara-saudariku seluruh umat Islam di seluruh Tanah Air yang saya cintai. Pada hari yang istimewa ini, saya bersama seluruh umat Katolik di Keuskupan Agung Semarang ini, ingin mengucapkan selamat Idulfitri 1440 H," katanya melalui keterangan yang dikeluarkan Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Semarang yang diterima di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (5/6/2019).

Ia menyebut bahwa Idulfitri 1440 H sebagai hari yang penuh berkat dari Tuhan kepada umat manusia. Idulfitri, kata dia, mendatangkan rahmat yang berlimpah bagi umat Islam dan seluruh keluarga.

Selain itu, kata dia, hari raya ini juga menjadi kesempatan yang baik bagi umat untuk berkumpul dengan keluarga dan berjumpa dengan sanak saudara untuk memperkuat jalinan silaturahmi. "Dan semoga juga Idulfitri ini mampu mendatangkan rahmat ilahi yang menyatukan kita semua, menyatukan kita satu sama lain," ujarnya.

Berkaitan dengan perayaan Idulfitri itu pula, Monsinyur Rubiyatmoko menyampaikan permohonan maaf kepada umat Islam atas berbagai kekurangan selama ini. Seusai umat Islam melaksanakan salat Idulfitri di berbagai tempat, masyarakat kemudian berhalalbihalal dengan keluarga, sanak saudara, tetangga, dan kawan-kawan di kampung halaman.

Masyarakat juga mendatangi berbagai tempat pemakaman umum untuk melakukan ziarah kubur, berdoa, dan tabur bunga di makam sanak keluarga yang telah berpulang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten