SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SRAGEN–Sebanyak 1.081 kecelakaan lalu lintas terjadi sepanjang 1 Januari hingga 13 Oktober 2022, yang mengakibatkan 123 orang meninggal dunia, korban paling banyak adalah kelompok usia produktif. Sementara itu, pengendara sepeda motor adalah pengguna jalan paling rawan kecelakaan.

Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Sragen, Iptu Supriyanto mewakili Kasatlantas AKP Abipraya Guntur Sulatiasto, menjelaskan kecelakaan paling banyak terjadi bagi pengendara sepeda motor dan pada kelompok usia produktif yaitu usia 18-35 tahun.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Untuk antisipasinya, kamu menggelar sosialisasi kepada para guru Bimbingan Konseling (BK) Kabupaten Sragen, dari SD hingga SMA. Termasuk juga stakeholders instansi terkait, yaitu Dishub dsn Dinkes. Sosialisasi tersebut mengenai keselamatan berlalu lintas,” terang Supriyanto, ditemui di kantornya Kamis (13/10/2022).

Ia mengaku pihaknya menyasar kepada para tenaga pendidik supaya bisa menyampaikan kepada orang tua dan anak. Karena kecelakaan juga sering melibatkan anak di bawah umur, ia menyayangkan apabila cita-cita mereka harus terputus di tengah jalan.

“Kami mengimbau untuk selalu tertib berlalu lintas, taatilah rambu lalu lintas, apabila musim hujan hindari berpergian. Saat hujan pandangan sudut mata terbatas, apabila hujan deras berpotensi jalan licin, jalan tertutup oleh air. Selalu berhati-hati lebih mengutamakan keselamatan daripada kecepatan. Lebih baik selamat sampai tujuan,” terang Supriyanto.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Sragen, Ipda Irwan Marviyanto, mengimbau orang tua sebaiknya melarang anak di bawah umur untuk berkendara. Kemudian untuk pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, terutama untuk pengendara sepeda motor.

“Musim penghujan mengakibatkan jalan menjadi licin. Pengendara cenderung terburu-buru waktu musim penghujan. Untuk semua pengguna jalan harapannya selalu menjaga keselamatan dan kecepatan. Ketika hujan lebat, sebaiknya menepi terlebih dahulu,” terang Irwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya