SOLOPOS.COM - Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Sungai sedang membersihkan sungai di daerah Lempongsari, Sleman. (Foto istimewa/dokumen)

Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Sungai

Harianjogja.com, SLEMAN—Pentingnya peran sungai bagi kehidupan, mendorong Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Sungai. Program perdana ini menyasar Lempongsari, Sleman.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

“Sudah jarang menemukan manusia yang mau peduli dengan sungai. USD melalui program KKN Tematik Sungai memberanikan diri untuk terlibat dalam masyarakat khususnya tentang sungai,” ujar  dosen pembimbing kegiatan KKN Tematik Sungai, H. Hery Santoso, dalam  rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (29/1/2018).

Dalam mewujudkan tujuan tersebut, KKN USD bersama dengan aparatur desa, komunitas maupun warga sekitar mengadakan bersih sungai pada 21 Januari dan 28 Januari 2018 di lima desa yaitu Sinduadi, Sinduarjo, Condong Catur, Sardonoharjo, dan Sariharjo. Adapun kegiatan ini digelar di delapan dusun di sepanjang kali Boyong.

“USD adalah lembaga pendidikan pertama kali yang ikut ambil dan peduli dengan sungai melalui kegiatan KKN Tematik Sungai dan sungguh sangat mengapresiasi dengan kepedulian mahasiswanya terhadap sungai,” ujar aktivis Komunitas Kali Boyong Selatan (KKBS), Mbah Gondrong.

Kegiatan ini  juga didukung oleh banyak pihak seperti aparatur desa, karang taruna, TNI, Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM), satgas setempat, SMK Muhammadiyah, Taruna Alquran, dan juga masyarakat sekitar yang sangat menunjukkan antusiasme tinggi dalam kegiatan ini.

“Saya sangat senang mengikuti KKN Tematik Sungai ini, selain bisa menjaga kelestarian dan kebersihan sungai, saya juga diajarkan untuk bisa terlibat aktif dalam masyarakat. Saya bisa merasakan bagaimana antusiasme warga sekitar atas kegiatan ini. Bahkan kami juga tak sedikit disuguhi minuman oleh warga saat kegiatan ini berlangsung. Saya berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan,” ujar Vito salah satu peserta KKN Tematik Sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya