SOLOPOS.COM - Ketua pelaksana pengabdian kepada masyarakat Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi (USB) Solo, Muhammad Dzakwan (kiri) memberikan pelatihan pembuatan krim dari minyak zaitun di Sekretariat UPPKS Trampil Mandiri, Jetak, Bolon, Colomadu, Karanganyar, Selasa (29/8/2017). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Universitas Setia Budi (USB) Solo melatih para perempuan di Jetak, Colomadu, Karanganyar, membuat krim dari minyak zaitun.

Solopos.com, KARANGANYAR—Pelatihan yang digelar tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Farmasi dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) USB Solo didukung Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelatihan itu dilaksanakan di Sekretariat Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Trampil Mandiri, Jetak, Bolon, Colomadu, Karanganyar, Selasa (29/8/2017). Pelatihan pembuatan krim dari minyak zaitun diikuti 10 perempuan anggota UPKKS Trampil Mandiri. Pembuatan krim dipandu dosen Fakultas Farmasi USB Solo, Muhammad Dzakwan dan Jason Merari, dibantu beberapa mahasiswa USB.

Ekspedisi Mudik 2024

“Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tidak hanya dikonsumsi dengan cara diminum, tapi juga bisa dibuat krim untuk kulit luar,” kata Dzakwan kepada Solopos.com di sela-sela pelatihan. Menurut dosen Fakultas Farmasi USB Solo ini, krim dari minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan serta dapat melembutkan kulit. “Krim minyak zaitun cocok untuk kaum perempuan,” kata dia.

Dzakwan menambahkan pembuatan krim dari minyak zaitun menggunakan teknologi mikroemulsi dan menggunakan alat mixer untuk membuat krim menjadi lebih stabil serta berkualitas sesuai yang dipersyaratkan. Teknologi mikroemulsi adalah campuran minyak air dan surpaktan (untuk mencampur minyak dan air agar menjadi satu).

“Cara pembuatan krim dari minyak zaitun cukup mudah dan bahan-bahannya bisa dibeli di toko farmasi,” jelasnya. Bahan yang diperlukan antara lain minyak zaitun, sitostearil alkohol, setil alkohol, asam stearat, trietanolamin, gliserin, propilen glikol, nipagin, nipasol, air, dan lainnya.

Sementara itu, Ketua UPPKS Trampil Mandiri Titi Sayekti mengaku senang dengan adanya pelatihan pembuatan kosmetik krim dari minyak zaitun. “Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu karena bisa membuat krim sendiri. Jadi dapat menghemat pengeluaran rumah tangga,” ungkap dia. Dia menambahkan akan mengurus izin usaha dan memproduksi krim dari minyak zaitun untuk dijual kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya