SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development/USAID) mengungkapkan banyaknya kisah tragis bagi orang-orang yang ditinggalkan—terutama anak-anak—di balik kematian seorang ibu melahirkan.

Regional Manager USAID Jalin Jawa Tengah Hartanto Hardjono di Kota Semarang, Jateng Kamis (22/11/2018), memaparkan bahwa sampai Oktober 2018 tercatat 333 ibu melahirkan di Jateng meninggal dunia. Padahal apabila semua sektor bekerja sama, seharusnya angka kematian ibu melahirkan itu bisa ditekan seminimal mungkin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, kematian ibu melahirkan menimbulkan rentetan penderitaan bagi orang-orang terdekat, terutama anak yang baru dilahirkan dan selamat. Masalah di kemudian hari juga lebih kompleks dibandingkan anak yang diasuh langsung oleh orang tua kandung.

Ia memberi contoh kematian seorang ibu di Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, empat tahun lalu, yang melahirkan bayi pengidap cerebral palsy. Anak yang kehilangan ibu kandung tersebut, menurut dokter Hartanto, dengan penyakit tersebut tentu tidak bisa mandiri dan membutuhkan bantuan orang lain. “Hidup anak itu akan selalu tergantung pada orang lain,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengingatkan pentingnya melakukan penyelamatan ibu melahirkan karena di balik kematian mereka, banyak orang yang menderita. Di Indonesia, setiap hari diperkirakan dua ibu melahirkan yang meninggal dunia dan 10 bayi lahir kehilangan nyawa.

USAID Jalin Jateng mengajak semua pemangku kepentingan melakukan aksi penyelamatan ibu melahirkan anak. Peluang untuk melakukan aksi, antara lain memberi pelayatan perawatan yang berkualitas, memberikan rujukan yang efektif, tata kelola, serta hubungan Jaringan Kesehatan Nasional dengan kesehatan ibu dan bayi baru lahir.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya